Yuk, jualan online di instagram

shares

Mungkin dengan judul diatas, ada sebagian yang merasa pesimis. Ngapain lagi jualan online di instagram. Sekarang makin berjamur oarang yang jualan di media sosial berbasis foto tersebut. Apalagi sekarang jamannya marketplace. Lebih baik ngelapak di marketplace. Lebih gampang dan nggak serumit buka online shop di instagram.
Jika anda punya pikiran demikian, maka anda SALAH BESAR.
Memang benar sekarang sudah banyak sekali yang berjualan via instagram. Akan tetapi bukan berarti peluang nya menjadi semakin kecil.



Jika di persentase, olshop instagram di indonesia masih sangat kecil. Dengan kata lain, pintu masih terbuka lebar untuk anda masuk kesana. Dan lagi jika diperhatikan, sebagian besar orang-orang yang terjun kesini masih kurang mengoptimalkan akun jualan nya.
Mereka hanya sekedar memajang foto produk, memberikan deskripsi ala kadarnya, dan optimasi hashtag yang tidak diperhatikan. Dan satu lagi yang terpenting adalah, kebanyakan toko online di IG kurang melakukan interaksi dengan user potensial.

Baca juga: Trik mendapat banyak pelanggan dari Jualan online di instagram

Bagaimana saya memulai jualan online di instagram?

Itu mungin menjadi salah satu pertanyaan mendasar ketika anda ingin memulai bisnis online anda melalui IG. Hal mendasar yang menurut saya perlu di lakukan adalah, meriset pasar. Jika di salah satu blog yang pernah saya baca, untuk memulai jualan di instagram adalah dengan membuat akun instagram. Kalo ini sih sudah pasti ya. tidak mungkin kita berjualan di salah satu media social tapi kita sendiri tidak memiliki akun nya :D

Oke, kembali ke bahasan meriset pasar. Sepert kita ketahui bersama, pangsa pasar pengguna IG adalah anak-anak muda. Yang terbanyak adalah usia belasan hingga 30-an. Dari situ, anda sudah memiliki gambaran, produk apa yang kira-kira memiliki potensi untuk dijual.


Teknik Mencari Follower yang natural

Untuk step ini, usahakan jangan terburu-buru. Sebelum melakukan pencarian follower, terlebih dahulu anda harus membangun konten dan merapikan toko anda terlebih dahulu. Logika nya gini, kita akan membuka sebuah toko. Toko nya belum siap dan baru dibangun, anda sudah melakukan promosi sana sini, bagi-bagi brosur, iklan di koran dan lain-lain. Tentu nya ketika si calon pembeli datang ke toko ita, dia pasti sedikit kecewa.
Pun demikian dengan di instagram. Anda harus memperbaki akun anda agar layak jual.
yang perlu dilakukan adalah:

  • Nama akun yang mudah diingat. Tidak terlalu rumit dalam penulisan
  • Foto Profil yang menarik sesuai brand anda. Lebih bagus lg menggunakan logo
  •  Lengkapi bio nya dengan deskripsi yang menarik
  • Mulai posting produk anda. Minimal 50 foto


Jika ke-empat syarat tersebut sudah dilakukan, barulah memulai pemasaran akun anda, dengan cara memperbanyak follower. Salah satunya adalah menggunakan fitur hastag. Tentukan hashtag anda di setiap postingan. Tidak perl terlalu banyak. Akan tetapi tidak juga terlalu sedikit. Istilahnya adalah proporsional dan mengenai sasaran.
Ingat, MENGENAI SASARAN.
Jika anda berjualan Baju kemeja, tidak perlu anda menggunakan hashtag #kaosmurah, #celanajeans. Hal ini akan membuat calon follower anda merasa tertipu, dan mungkin anda akan mendapat point negatif di benak si calon follower tersebut.

Dengan terlebih dahulu menemukan akun yang menjual produk sejenis dengan anda lihat followersnya atau interaksi difoto tersebut kemudian follow calon pembeli anda yang kira-kira tepat menurut anda.

Jangan lupa juga follow balik followers baru anda, sehingga anda bisa melihat aktivitas mereka dan bisa menyapa atau berkomentar lewat foto yang mereka upload. Ini berguna untuk mengingatkan mereka kalau kita masih tetap konsisten ber jualan online di instagram.


Persepsi Keliru dalam mencari Follower Potensial

DI beberapa sumber yang saya dapat, baik itu dari buku maupun media online, banyak yang berpendapat bahwa dalam mencari follower adalah dengan mecari akun yang berjualan barang yang sejenis dengan yang kita jual kemudian follow para follower nya.
Hal ini tidak salah juga sih. Tapi menurut saya teknik ini tidak begitu manjur dalam mencari follower potensial. Follower yang di dapat dengan cara ini biasanya kurang mampu menghasilkan penjualan. Dalam arti, si follower tersebut kemungkinan kecil akan membeli produk kita. Biasanya mereka sudah membeli produk dari si akun tersebut. Jadi, potensi dia akan membeli produk di olshop kita akan lebih kecil.

Akan berbeda kasus jika kita ‘menculik’(following) akun-akun dari follower olshop ain yang berbeda niche nya dengan kita. Misalkan akun olshop kita adalah jualan baju kemeja, maka follower yang kita culik adalah dari akun olshop yang jualan sepatu olahraga, kacamata, chasing hp, dan lain-lain. Atau bisa juga dari akun seleb maupun penggiat hobi tertentu.

Metode ini bukan hanya sekedar teori saja. Saya sudah melakukan riset terlebih dahulu. Ketika itu saya mencoba membuat 2 akun instagram yang berjualan produk yang sama. Akan tetapi perlakukan dalam mencari follower nya saya bedakan. Yang satu dengan cara mencari follower dari akun-akun olshop lain yang niche nya sama dengan saya, sedangkan yang satu nyadengan niche yang berbeda.
Dari hasilnya, oleshop yang kedua lebih banyak menghasilkan penjualan dibandingkan dengan olshop yang pertama. Untuk studi kasus nya, mungkin anda bisa mencoba nya.

Salah satu keunggulan instagram saat ini adalah kita dapat membuat akun instagram lebih dari satu pada satu handphone, atau bahasa keren nya multiple account. 
Nah, fitur ini akan sangat membantu kita dalam melakukan promosi dan branding olshop kita. Nanti akan saya bahas di lain postingan
Pada inti nya adalah, Jika akun kita baru, benahi terlebih dahulu akun tersebut agar terlihat menarik dan trusted, kemudian cari follower potensial. Saya sendiri kurang begitu tertarik dengan membeli follower dari penyedia jasa follower. Kebanyakan dari hasil nya adalah bukan akun-akun yang potensial.

Untuk awal-awal sih anda bisa membeli jasa follower ini. Paling tidak, akun anda sudah terlihat ada follower nya. Namun jangan dulu berharap mereka akan membeli produk nya. Ini hanya sebagai ornament pelengkap saja.

Topik Jualan online di instagram ini akan sangat menarik. Banyak sekali teknik-teknik unik yang perlu di bahas. Sehingga tidak mungkin diungkap dalam satu postingan saja. Nanti akan saya bahas satu persatu dengan sangat terbuka. Tidak ada yang di rahasiakan :D

Related Posts

0 comments: