Pengobatan Kanker Payudara melalui Terapi Hormon

shares

Pengobatan Kanker Payudara - Kanker payudara merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan banyak ditakuti oleh para wanita. Beberapa hal yang bisa mengakibatkan seorang wanita mengalami kanker payudara diantaranya adalah tidak menjaga kebersihan pada bagian payudaranya seperti halnya mengenakan bra yang sama selama lebih dari 3 hari dan faktor makanan yang tidak sehat, sehingga merangsang hormon penumbuh kanker payudara berkembang.



Hormon sel kanker payudara sangat sensitif terdapat protein sehingga dikenal sebagai reseptor aktif hormone. Apabila hormon tersebut meningkat dan mengakibatkan perubahan di dalam ekspresi gen tertentu, sehingga membuat stimulasi pertumbuhan sel yang akan menjadi sel kanker payudara.
Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan supaya bisa mencegah terjadinya kanker payudara, diantaranya adalah menjaga pola makan yang sehat, menjaga pola tidur, menjaga kebersihan payudara dan diri anda sendiri, dengan cara mandi setiap hari dan berganti bra minimal dua kali sehari. Disarankan juga agar selalu mendapatkan tubuh yang fit dan sehat, dengan melakukan olahraga berapa hari seminggu, meskipun dengan melakukan olahraga ringan.

Baca juga: Tanda-tanda Kanker Rahim

Apabila tubuh seseorang dijaga dan dirawat maka kanker payudara ini insya allah tidak akan menjangkiti anda. Namun apabila anda telah terlanjur terkena kanker payudara, salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan kanker payudara anda yaitu dengan melakukan terapi hormon.

Terapi hormon yang biasa disebut juga dengan terapi hormonal atau terapi endoktrin ini memiliki fungsi untuk memperlambat dan menghentikan pertumbuhan tumor hormon sensitif yang ada pada payudara anda, dengan cara menghalangi kemampuan tubuh anda agar tidak memproduksi hormon yang berlebihan atau dengan cara mengganggu aksi hormon.


Inilah Terapi Hormon untuk mengobati kanker Payudara

Terapi ini tidak sama dengan terapi yang dilakukan untuk terapi hormon menopause, yang mana biasanya diberikan untuk mengurangi gejala menopause. Jenis-jenis terapi hormon yang biasanya digunakan untuk mengobati kanker payudara dibagi atas beberapa strategi yaitu sebagai berikut:


1. Memblokir Fungsi Ovarium

Indung telur merupakan sumber utama estrogen pada wanita premenopause yang bisa dikurangi, dihilangkan atau menekan fungsi ovarium dengan terapi hormon ini.


2. Ablasi Ovarium

Hal ini dapat dilakukan dengan cara pembedahan atau operasi supaya bisa mengangkat ovarium atau dengan radiasi.

3. Menekan Sementara Fungsi Ovarium

Dengan menggunakan obat yang bernama gonadotropin releasing hormone agonis bisa mengganggu sinyal pada kelenjar pituitary yang membuat ovarium menghasilkan estrogen.


Beberapa cara utama untuk mengobati kanker payudara hormon sensitif dengan menggunakan terapi hormon ini adalah:

1. Terapi Adjuvant

Terapi ini digunakan untuk kanker payudara stadium awal, yang biasanya diberikan setelah pengobatan utama atau operasi pada payudara.


2. Aromatase Inhibitor Anastrozole Dan Letrozole

Terapi ini akan diberikan untuk wanita yang mengalami kanker payudara metastatic hormon sensitive.

3. Pengobatan Neoadjuvant Kanker Payudara

Terapi ini biasanya digunakan sebelum melakukan operasi payudara dan berguna untuk mengurangi ukuran tumor payudara.

Itulah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini mengenai “kanker payudara, obati dengan terapi hormon”. Semoga informasi yang saya sampaikan kali ini dapat menambah wawasan anda  serta bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk selalu menjaga tubuh anda sendiri, menjaga kesehatan anda, serta menjaga kebersihan diri anda supaya anda tidak terserang kanker payudara ini.
Ingatlah pepatah bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati, mencegah terjadinya kanker payu darah tidak perlu biaya yang mahal, anda cukup melakukan kebiasan yang baik untuk menjaga kebersihan anda.

Related Posts

0 comments: