Menanam Jambu Kristal di pot/pekarangan Rumah Agar Berbuah

shares

Menanam Jambu Kristal Di dalam Pot atau pekarangan Rumah akan sangat mengasyikan. Jambu Biji Kristal adalah mutasi residu jambu thailnad. Jenis Jambu ini ditemukan pada tahun 1991 di Kabupaten Kao Shiung -Taiwan. Pada dasarnya jambu kristal sama seperti jambu biji lainnya. Perbedaannya adalah pada dagingnya yang tebal dan bagian kumpulan biji nya yang sangat sedikit. Jambu Kristal sebenarnya tidak benar-benar Berbiji seperti kristal namun hanya jumlah biji kurang dari 3-10 % setiap buah nya. Jika dilihat dari luar, tidak ada perbedaan dengan jambu biji pada umumnya.


Menanam Jambu Kristal Di pekarangan rumah

Bagi kaum urban kendala utama dalam bercocok tanam adalah lahan yang sedikit sekali. Berbeda dengan masyarakat pedesaan yang memiliki ruang terbuka yang luas untuk perkebunan. Dengan demikian, untuk menyalurkan hobi bercocok tanam biasanya terbatas pada pekarangan rumah, di dalam pot, atau hidroponik.

Sama halnya dengan jenis tanaman berkayu lainnya, jambu kristal juga bisa ditanam di dalam pot atau pekarangan sempit. Tanaman ini mampu berbuah dan tumbuh subur di iklim tropis seperti indonesia. Yang penting terkena sinar matahari langsung. yang menjadi kendala adalah kelebatan si buah yang dihasilkan. Berbeda dengan sistem budidaya di perkebunan, jika menanam di dalam pot, kuantitas buah yang dihasilkan tidak selebat yang dihasilkan melalui perkebunan.
Akan tetapi, cukup untuk menyalurkan hobi bercocok tanam dan bisa menikmati panen hasil bertanam sendiri.

Mendapatkan Bibit Jambu Kristal

Untuk mendapatkan bibit jambu kristal sangat mudah, yaitu membeli langsung di toko-toko bibit atau toko pertanian. Biasa mereka menyediakan bibit jambu kristal hasil pencangkokan. Pilihlah bibit yang kira0kira terlihat subur dan memliki percabangan yang kokoh.
Harga perbibit biasanya sekitar 15-25ribu.


Pengendalain Hama dan Penyakit

Hama dan penyakit pada tanaman ini antara lain : ulat daun, kumbang buah, Jamur karat merah, kutu putih, Jamur embun jelaga, Kutu kebul dan lalat buah.

Untuk lalat buah dapat dilakukan pengendalian dengan cara membungkus buah tapi, Jika serangan meningkat dapat dikontrol dengan umpan beracun, penyemprotan tanaman dengan insektisida dengan bahan aktif klorpirifos bila diperlukan. Dan perangkap atau perangkap dengan atraktan dengan bahan aktif metil eugenol, jika dirasa terlalu mahal bisa digunakan air rebusan selasih atau pala yang juga mengandung metyl eugenol (Djatmiadi 2004).

Pembungkus buah dapat dilakukan setelah kelopak itu hampir jatuh dengan penggunaan plastik bening. Sebelum dibungkus plastic bisa disarungi dulu dengan jarring buah yang terbuat dari bahan sterofoam.

Pemeliharaan Tanaman

Penyiangan dilakukan dengan membuan tunas yang ada dibatang utama dengan tujuan agar buah maksimal, besar dan manis. Setiap 1 bulan sekali tanah di sekitar tanaman harus dilakukan pembalikan dan mengolah tanah agar tetap lembut sampai tanaman benar-benar kuat.

Perempalan/pemangkasan pada tepi ujung dilakukan setelah tanaman 2 tahun. sehingga tanaman akan mendapatkan tajuk dan ranting yang lebat dan rimbun. Selain untuk mendadapatkan tanjuk yang rimbun juga untuk membentuk tanaman guna memperbanyak dan mengatur produksi agar tanaman tatap terpelihara. Pemangkasan juga dilakukan setiap tanaman habis dipanen.


Pempukan dan Nutrisi Tanaman

Untuk melakukan pemupukan pada tanaman jambu kristal, dilakukan sekitar 3-4 bulan sekali. Cukup menggunakan pupuk NPK atau UREA untuk menambahkan nutrisi kedalam media tanam. Anda juga bisa menggunakan pupuk cair sebagai alternatif pengganti kedua jenis pupuk tadi. Pupuk cair banyak mengandung unsur hara yang baik digunakan untuk tanaman berlahan sempit.
Berbeda dengan jenis tanaman yang di tanam di areal perkebunan dan di lahan terbatas, pada jenis tanaman rumah, sistem perakaran nya tidak secara bebas tumbuh secara luas. Sehingga akar terhambat dalam mengambil unsur makanan untuk tumbuhan. Disini faktor pupuk dan nutrisi tambahan sangat diperlukan

Penyiraman

Jika tanaman jambu kristal telah tumbuh benar-benar kuat, frekuensi penyiraman bisa dikurangi lagi yang dilakukan saat diperlukan.
Dan jika hujan terlalu lebat disekitar tanaman yang dibudidayakan di usahakan tidak dibanjiri air menggenang dengan menciptakan jalur atau parit untuk mengalirkan air.
Sebaliknya pada musim kemarau, bila tanah sudah kelihatan merekah maka diperlukan penyiraman dengan menggunakan pompa air 3 PK untuk lahan seluas kurang lebih 3000 m2 dan dilakukan sekali setiap sore.


Kendala Pertumbuhan Jambu Kristal

Jenis jambu kristal sangat rentan akan kerontokan bakal buah. Dari sekian banyak bunga yang dihasilkan, hanyak sekitar 10-20 % yang berhasil menjadi buah hingga matang. Selebihnya mengalami gugur ketika usia bakal buah(usia dini). Untuk itu, diperlukan pemupukan secara rutin untuk menjaga agar kerontokan dapat di minimalisir.

Demikian penjelasan mengenai cara menanam jambu kristal di pekarangan rumah. Semoga menjadi inspirasi anda dalam menghijaukan rumah

Related Posts

0 comments: