Lebih mudah menanam Terong Ungu di Polybag

shares

Menanam Terong Ungu - Terong adalah jenis sayuran yang familiar di indonesia. Untuk mendapatkan terong ungu tentunya sangat mudah sekali. di pasar-pasar tradisional tidak sulit untuk menemukan nya. Atau di tukang sayur keliling juga pasti bisa mendapatkannya. Nah bagi anda yang ingin menanam sendiri dirumah bisa melakukannya melalui polybag. Keuntungan dengan menanam sendiri adalah kualitas nya lebih terjaga dan bebas dari obat-obatan kimia.



Tanaman terong ini tidak berbuah hanya sekali. Jadi bisa berkali-kali panen. Untuk mendapatkan Bibit terong ungu, anda dapat melakukannya melalui pembibitan sendiri. Usahakan menggunakan terong yang sudah tua untuk diambil bijinya. Setelah biji-biji diambil, lakukan penjemuran biji terong di terik matahari namun jangan terlalu lama, sekitar 2 jam. kemudian letakkan di area yang pengeringan yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Jemur selama 4-5 hari agar biji terong benar-benar kering. Simpanlah di area yang kering jika diperuntukkan dalam waktu yang lama.

Atau jika tidak ingin repot bisa membeli di toko pertanian atau melalui online. Dengan membeli langsung, anda tidak perlu repot mencari biji-biji yang berkualtas Karena sudah pasti bagus dan memiliki kualitas tumbuh yang bagus. Selain itu harga nya juga murah. Akan tetapi jika anda membeli bibit, perlu memperhatikan masa kadaluarsa si bibit tersebut. Semakin lama bibit disimpan maka daya tumbuhnya akan berkurang. Pilihlah bibit yang tanggal pengemasannya baru atau tanggal kadaluarsanya masih cukup lama, dan periksa pembungkus bibit dengan benar. Jangan membeli bibit yang bungkusnya sudah ada bolong, dikhawatirkan hama atau semut sudah masuk dan memakan biji yang ada di dalam.

Baca juga: Menanam Tomat Cherry

Tata cara Menanam Terong Ungu di Polyag

Penyemaian Benih

Untuk tahap pertama adalah penyemaian. Untuk bibit terong ungu sebaiknya memang harus di semai terlebih dahulu. Untuk area penyemaian sebaiknya di tempat-tempat yang tidak terkena sinar matahari terik. Usahakan ditempat yang sedikit lembab agar pertumbuhan benih optimal.
Setelah benih tumbuh dan memiliki minimal 1 daun sejati, berarti beni terong ungu sudah siap untuk di pindahkan ke polybag.

Persiapan Polybag atau Pot

Selain polybag, anda juga bisa menggunakan pot sebagai media. Siapkan polybag dengan ukuran yang sedang (40 cm x 50 cm), kemudian isilah dengan media Tanah yang subur dan dijaga kegemburannya. Akan lebih bagus lagi jika dicampur pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 3 : 1 (3 Tanah : 1 Pupuk). Isilah polybag sampai hamper penuh (sisakan polybag sekitar 10 cm), Letakkan polybag di area yang teduh atau tidak terkena matahari terik terlebih dahulu. Kemudian biarkan selama 2 hari sebelum ditanami.


Setelah didiamkan, kemudian pindahkan bibit terong tersebut ke dalam polybag yang telah anda siapkan sebelumnya. Agar tanaman tumbuh optimal, tanamlah terong tersebut masing-masing 1 bibit per polybag nya. Hal ini bagus untuk pertumbuhan di bibit, karena kebutuhan unsur haranya tidak terganggu.

Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari agar tidak terlalu panas, lakukan penyiraman setelah penanaman dilakukan.


Perawatan Terong Ungu

Penyiraman harus dilakukan setiap pagi dan sore hari. Jika musim hujan penyiraman dapat dihentikan. Perawatan yang perlu dilakukan lainnya adalah membersihkan rumput yang tumbuh di pot atau polybag. Pemberian pupuk juga sangat dianjurkan, namun sebaiknya pupuk organik karena terong ini untuk dikonsumsi agar tidak membahayakan kesehatan anda.

Lakukan perawatan yang rutin terhadap terong ungu, petik daun yang diserang hama dan cabut tanaman terong yang sudah terserang hama agar tidak menyebar ke tanaman yang lain. Cara menanam terong ungu dalam pot atau polybag ini dapat dilakukan oleh siapapun di rumah, selain mudah dilakukan cara ini juga bias menghasilkan terong yang memiliki buah banyak.

Hama yang biasa menghinggapi tanaman terong ungu adalah kutu putih. Hama ini biasanya akan bersarang di bagian bawah daun dan bakal daun. Hama ini akan cepat sekali menyebar. Jika salah satu tanaman anda terkena, segeralah untuk menhilangkan hama tersebut sebelum menyebar ke tanaman lain.

Related Posts

0 comments: