Kanker Rahim, Ini Dia Tanda - Tandanya

shares

Kanker adalah sebuah penyakit yang sangat membahayakan dan menakutkan. Banyak jenis kanker yang dapat menyerang manusia salah satunya yaitu kanker serviks. Karker serviks ini suatu kanker yang diderita oleh para wanita. Gejala dari kanker servis ini sangat sulit untuk dideteksi. Biasanya seseorang yang menderita kanker serviks ini akan diketahui bahwa ia menderita kanker seriks ketika kankernya memasuki stadium lanjut. Ketika seseorang sudah mengidap kanker serviks stadium lanjut maka dibutuhkan suatu pengobatan yang sangat ekstra dan hati-hati.


Beberapa faktor yang mengakibatkan kanker serviks biasanya akibat dari berhubungan badan dengan lebih dari satu orang, melahirkan terlalu banyak anak, berhubungan seks pada usia yang masih muda, kebiasaan merokok pada wanita, penggunaan pil kb, serta kekebalan tubuh yang lemah. Meskipun beberapa ciri-ciri kanker serviks ini sulit untuk diketahui, namun pada beberapa hal di bawah ini yang bisa anda jadikan sebagai acuan yang menandakan bahwa apakah anda memiliki kanker serviks atau tidak.

Langsung saja ini dia ulasannya:

1. Stadium Awal

Ciri-ciri kanker serviks pada stadium awal mungkin sedikit sulit dirasakan dan hampir mustahil untuk diketahui. Hal ini terjadi karena tidak ada tanda-tanda yang berarti pada penderita kanker serviks stadium awal. Maka dari itu anda disarankan untuk tes rutin sel HPV di leher rahim, sehingga apabila terdapat kanker serviks pada leher rahim anda makan akan cepat diketahui.


2. Stadium Sedang

Penderita kanker serviks stadium sedang memiliki gejala sebagai berikut:

  • Pendarahan pada vagina. Inilah gejala yang paling umum terjadi. Ciri-cirinya pendarahan ini yaitu terjadinya pendarahan pada saat anda tidak haid, saat berhubungan badan, atau setelah masa menopause ada darah yang bercampur dengan keputihan, serta masa haid yang lebih lama.
  • Rasa sakit saat berhubungan suami istri.
  • Nyeri di sekitar pinggul.
  • Pendarahan setelah menopause.
  • Keputihan yang tidak normal dan biasanya jumlah keputihan yang terjadi sangat besar.
  • Pendarahan menstruasi lebih panjang serta lebih banyak dari biasanya.


3.  Stadium Lanjut



Ciri-ciri untuk kanker serviks stadium lanjut ini dapat terlihat dari fisik sampai dengan bentuk tubuh. Beberapa ciri-ciri  yang sangat umum terjadi pada kanker serviks stadium lanjut adalah:

  1. Sakit punggung.
  2. Nyeri tulang sampai rasanya tulang anda patah.
  3. Kelelahan dan sering merasa lelah.
  4. Nyeri pada bagian kaki, utamanya pada telapak kaki.
  5. Hilangnya nafsu makan.
  6. Nyeri pada panggul.
  7. Kaki yang membengkak.
  8. Menurunnya berat badan


Stadium lanjut merupakan stadium yang paling berbahaya untuk seseorang yang mengidap kanker serviks, maka dari itu jika anda merasakan ciri-ciri di atas anda harus segera memeriksakan diri serta melakukan pengobatan ke dokter atau rumah sakit terdekat, supaya bisa diatasi dengan tepat dan cepat.
Beberapa pemeriksaan untuk kanker serviks di antaranya yaitu pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan anda, pemeriksaan panggul, tes untuk mengumpulkan sel dari rahim, vagina test human papillomavirus, kuretase endoserviks serta biopsi.

Jika anda tidak ingin terkena kanker serviks, lebih baik anda menghindari faktor penyebab kanker serviks yang telah saya jelaskan diatas, karena kanker serviks merupakan sebuah penyakit yang sangat berbahaya dan menakutkan.

Demikianlah artikel kami kali ini mengenai “kanker rahim, ini dia tanda – tandanya”. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan semoga kita selalu sehat serta tidak terjangkit penyakit menyeramkan ini.

Related Posts

0 comments: