Ini Dia Tips Ibu Hamil Agar Melahirkan Menjadi Lancar

shares

Persalinan merupakan momen yang paling mendebarkan bagi seorang ibu hamil pada masa akhir kehamilannya. Perasaan yang seperti ini sangatlah wajar karena Mengingat bahwa persalinan merupakan saat dimana nyawa sebagai taruhannya bagi seorang ibu hamil, baik itu secara normal ataupun cecar. Maka dari itu ibu yang memasuki akhir masa kehamilannya mereka harus mempersiapkan segala hal demi kelancaran persalinannya.



Bagi anda yang penasaran mengenai persiapan untuk persalinan, berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan supaya persalinan anda nantinya berjalan lancer, normal dan tanpa hambatan yang berarti:

1. Persiapkan dan Bangun Mentalitas Sebaik-Baiknya

Membangun mental yang positif dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan karena hal ini menentukan kelancaran proses suatu persalinan. Rata-rata persiapan persalinan didahului pikiran anda. Oleh karena itu, apabila seseorang memiliki pemikiran dan mental yang negative, maka perilaku yang ditimbulkan bisa juga negatif. Tanamkan pada pikiran anda sejak awal bahwa anda akan melahirkan secara normal dan lancer, sehingga besar kemungkinan anda akan siap secara mental.


2. Selalu Miliki Waktu Istirahat Anda

Proses persalinan sampai dengan awal kelahiran calon bayi merupakan proses yang cukup panjang, apalagi untuk anda orang yang baru pertama kali dalam momen menjadi ibu. Salah satu untuk menyiapkan persalinan ialah menyempatkan waktu untuk beristirahat dengan cukup supaya bisa menambah tenaga dan menyegarkan kembali tubuh anda. Energi yang melemah dan tubuh yang tidak segar, bisa menghambat proses persalinan yang menyebabkan anda tidak bisa mengejan  nantinya. Persiapan ini berguna untuk persiapan tenaga, tetapi anda jangan terlalu bermalas-malasan ketika masa-masa akhir kehamilan.


3. Patuhi Instruksi Penolong Persalinan

Supaya persalinan berjalan dengan lancer, anda harus mematuhi segala instruksi yang diberikan oleh penolong persalinan anda selama persalinan sedang berlangsung. Apapun intruksi yang diberikan oleh penolong persalinan merupakan instruksi yang bisa membantu anda dalam kelancaran proses kelahiran, seperti halnya mengatur posisi melahirkan, menginjeksi beberapa obat, dan mengajarkan anda bagaimana cara mengejan yang benar supaya bayi anda cepat keluar.  Oleh karena itu perhatikan dan turuti saja intruksi penolong persalinan dengan sebaik-baiknya.

4. Dilarang Menahan Buang Air Kecil dan BAB

Apabila anda menahan buang air kecil dan BAB, maka hal itu akan bisa membuat kandung kemih menjadi penuh dan akan menghilangkan kontraksi rahim, sehingga menghambat penurunan kepala bayi yang akan keluar. Tak hanya itu saja, anda juga akan semakin merasakan nyeri pada perut anda jika menahan buang air kecil dan BAB ini. Jadi apabila saat kontraksi, anda merasa ingin buang air kecil ataupun BAB, silahkan anda pergi ke kamar kecil bila masih kuat, namun apabila tidak kuat maka anda bisa menggunakan pispot untuk buang air kecil di tempat  tidur.

5. Mematuhi Teknik Distraksi Relaksasi

Rata-rata para ibu sering mengejan sebelum waktunya tiba yang akan berakibat pada pembengkakan mulut rahim dan mengakibatkan janin tidak bisa dilahirkan dengan normal. Tak hanya itu saja, sang ibu juga akan kehilangan tenaga saat waktunya mengejan tiba. Jadi, silahkan patuhi teknik distraksi relaksasi supaya persalinan anda berjalan lancar.


Demikian ulasan mengenai “ini dia tips ibu hamil agar melahirkan menjadi lancar”, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan anda. Terima kasih atas kunjungan anda.

Related Posts

0 comments: