Kenali Elemen apa saja yang Mempengaruhi Performa Dalam Olahraga

shares

Melakukan kegiatan olahraga, baik itu yang hanya berupa permainan dengan teman-teman hingga menjadi seorang atlet profesional akan memberikan banyak manfaat bagi anda. Mulai dari dapat meningkatkan kesehatan jantung sampai dengan meningkatkan rasa percaya diri, olahraga benar-benar akan berdampak pada kehidupan anda secara signifikan. Berdasarkan apa yang disampaikan oleh para ahli dalam bidang olahraga, keberhasilan seseorang dalam olahraga yang ditekuninya sangat tergantung dari berbagai faktor, baik itu mental maupun fisik. Dan berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi performa dalam olahraga.


Kekuatan dan Daya Tahan Otot


Setiap kegiatan yang anda lakukan dalam olahraga, mulai dari melempar, menendang, berlari, melompat, dan lain-lain, semuanya melibatkan aksi dari otot anda. Ada jenis-jenis olahraga yang sangat membutuhkan kekuatan otot dalam jumlah besar tapi singkat (contohnya angkat besi), ada pula jenis-jenis olahraga yang lebih membutuhkan daya tahan otot yang luar biasa (contohnya lari maraton), dan kebanyakan sisanya adalah olahraga-olahraga yang membutuhkan kombinasi antara kekuatan dan daya tahan otot.

Karena itu, selain sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang menyehatkan otot, anda juga perlu untuk melatih kekuatan dan ketahan otot tubuh anda. Ada beberapa gerakan olahraga yang dapat membantu anda untuk melatih otot-otot tubuh anda, selain berlatih beban di ruangan gym. Untuk melatih kekuatan, anda dapat mengangkat beban yang lebih berat dengan hanya beberapa kali pengulangan. Sedangkan untuk melatih daya tahan, anda dapat mengambil beban yang lebih ringan dengan pengulangan yang jauh lebih banyak (berkali-kali).

Sumber: rocky bharata

Related Posts

0 comments: