Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online

shares

Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online – Era masa kini merupakan era dimana-mana menggunakan internet. Internet tidak hanya untuk mengetahui apa yang belum anda ketahui tetapi maraknya saat ini internet digunakan untuk bisnis online.
Bisnis Online tidak hanya membuat orang lain menghemat waktu, biaya untuk memilih ini, itu yang di inginkan dengan bermodal internet anda bisa mempeoleh barang atau benda yang anda inginkan dengan cepat,mudah dan efisien. Tidak perlu repot-repot lagi untuk mendapatkan keinginan tersebut dengan susah payah.

Tips agar terhindar dari penipuan online antara lain :

1. Cari tahu latar belakang


Jika anda berminat atau berkeinginan membeli sesuatu dimana anda belum mengetahui barang yang akan dibeli secara langsung, maka anda perlu mengetahui latar belakang dari pedagang online tersebut. Anda dapat menggali informasi tentang pedagang online di antaranya nama,alamat, lokasi toko dan komentar dari konsumen yang membeli di pedagang online tersebut.

2. Simpan Informasi Penjual


Setelah mengetahui latar belakang pedagang online, perlu kita simpan infomasi yang telah anda dapatkan untuk keperluan anda, dengan tujuan jika ada yang mencurigakan anda akan dapat menyelidiki pedagang online dengan benar dan mudah untuk mengetahui si pedagang online yang ternyata hanya penipu.

3. Metode  Pembayaran


Sebelum anda melakukan pembayaran pastinya anda sudah menemukan barang yang akan anda beli, kemudian Lakukan pembayaran dengan menggunakan COD (cash of dilivery) ataupun menggunakan rekening bersama, dengan tujuan untuk menghindari resiko penipuan yang akan terjadi pada pemeblian online yang anda pesan.

4. Selalu Minta Resi Pengiriman


Untuk lebih waspada dalam pembelian produk melalui pedagang online maka anda jangan lupa untuk meminta resi pengeriman barang yang anda inginkan. Pastinya suatu barang yang anda pesan akan dikirim melalui agen atau jasa pengiriman barang. Dengan memperoleh nomor resi anda akan dapat melakukan searching dimana jasa atau agen pengiriman akan mengantarkan barang anda sampai pada alamatyang anda cantumkan sehingga hal ini akan membuat anda yakin apakah pedagang online ini penipu atau memang benar adanya mengenai barang atau produk yang anda inginkan tersebut.

5. Jangan Tertipu dengan Harga Murah Atau Diskon


Jangan hanya karena barang yang anda inginkan murah ataupun adanya diskon, tetaplah anda waspada. Karena harga yang terlalu murah dan jauh dari standar harga justru perlu dicurigai serta jika adanya potongan harga atau diskon yang terlalu besarpun perlu anda curigai. Bisa saja hanya sebagai akal-akalan pedagang online untuk menipu anda.

6. Perhatikan Sikap Pedagang Online


Anda harus waspada kepada pedagang online tidak hanya harga yang murah tapi pintar-pintarnya pedagang online untuk membujuk anda atau merayu anda untuk mentransfer sejumlah uang sesuai dengan barang yang anda inginkan ke nomor rekening bank miliknya.
Itu ulasan tips agar terhindar dari penipuan online. Lebih waspada dan cermat dalam melakukan pembelian terutama pada pembelian online, dimana anda belum sama sekali melihat produk yang akan anda beli dan asal usul mengenai pedagang online tersebut. Semoga bermanfaat.

Related Posts

0 comments: