Perpaduan Desain Rumah Tropis dan Konsep Rumah Modern

shares

Perpaduan Desain Rumah Tropis dan Konsep Rumah Modern – Berbicara mengenai tropis, tentu yang terbersit di dalam benak kita adalah iklim dunia yang berada di sekitar garis katulistiwa. Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis dan untuk menanggapi iklim tersebut tentu anda harus bisa mendesain rumah dengan konsep yang tropis pula. Rumah tropis mengusung prinsip yang dapat mengantisipasi kelembaban mengingat cuaca hujan yang seringkali muncul dan menjadi sarang penyakit. Selain itu juga panasnya sinar matahari membuat kita merasa kurang nyaman berada didalam rumah sehingga diperoleh sebuah solusi yaitu dengan membentuk rumah tropis yang seusai dengan efek ikim tropis di Indonesia.



Jika kita berbicara tentang struktur rumah tropis, mungkin sedikit menginspirasi pada desain rumah tradisional yang melalui beberapa penyesiauan desain termasuk penyesuaian ketika musim tropis atau panas. Hal ini terlihat dari bangunan tradisional yang terdapat banyak bukaan salah satunya bertujuan agar ruangan mendapat aliran udara yang cukup sehingga akan mengurani kelembaban yang terjadi.

Sirkulasi Cahaya Pada Rumah Tropis

Didalam rumah tropis diperlukan sebuah sistem bukaan yang dapat berfungsi secara normal agar dapat mengatur sirkulasi cahaya yang keluar dan masuk ruangan. 
Cahaya yang masuk kerumah dapat memberikan intensitas yang pisitif dan negatif sebagai contoh rumah yang banyak mendapatkan sinar matahari akan terlihat lebih luas dan megah namun efek buruknya adalah sinar matahari yang berlebihan masuk kedalam rumah akan membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman.


Untuk mengeksporasi efek tersebut, anda bisa memanfaatkan cerlangnya. Cerlang ini akan menjadi sebuah tanda yang membedakan antara jenis rumah tropis dengan rumah subtropis karena cerlang berfungsi sebagai perantara masuknya cahaya matahari sehingga dapat mengurangi panas dan tidak menimbulkan silau. Dari pernyataan-pernyataan diatas membuktikan bahwa desain rumah tradisional memiliki prinsip sama dengan rumah modern salah satunya rumah tropis.




Konsep Rumah Tropis Bergaya Modern

Untuk dapat memiliki rumah tropis dengan gaya yang modern, anda bisa memodifikasinya sehingga membentuk rumah baru yang mengusung desain rumah tropis. Penggunaan beton yang digunakan pada atap rumah serta permainan kaca dengan diameter panjang akan mempengaruhi desain, konstruksi dan struktur rumah anda menjadi rumah tropis bergaya modern.

Related Posts

0 comments: