Mudahnya Backup dan Restore Pesan WhatsApp di Google Drive

shares

Bagi para netizen dan pengguna smartphone pasti mengenal salah satu messenger paling favorit saat ini. Apalagi kalau bukan Whatsapp. Sebagai salah satu aplikasi pesan instan ternama, WhatsApp bukan tanpa alasan bisa meraih hati para penggunanya jika tidak memiliki banyak kelebihan dibandingkan yang lain. Kelebihan tersebut diantaranya , bisa digunakan di berbagai Platform yang berbeda-beda, ringan digunakan, dan dapat digunakan untuk sending photo, video, bahkan melakukan panggilan.


Ada satu hal yang kemungkinan besar dialami oleh pengguna gadget, yaitu berganti-ganti Gadget. Dengan berganti smartphone, banyak diantara kita menginginkan data-data dari smartphone lama bisa dipindahkan ke smartphone yang baru. Diantaranya adalah percakapan-percakapan melalui pesan instan. Jika Anda adalah pengguna WhatsApp yang berencana mengganti perangkat Android milik Anda, pesan-pesan yang tersimpan di hp lama dapat anda pindahkan dengan mudah ke gadget yang baru melalui google drive.


Untuk diketahui, kini pengguna bisa melakukan backup (menyimpan cadangan) dan restore (memulihkan cadangan) semua pesan dan log panggilannya di WhatsApp langsung dari Google Drive. Simak uraian berikut untuk melakukan hal tersebut.

Persyaratan Backup dan Restore Pesan WhatsApp

Syarat-syarat yang harus anda penuhi sebelum melakukan backup/restore melalui Google drive adalah sebagai berikut:

  1. Smartphone Android harus sudah disinkronisasi dengan aplikasi Google Drive.
  2. Google Play Services harus terpasang (untuk Android versi 2.3.4 ke atas saja).
  3. Perangkat Android Anda harus memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk membuat backup file.
  4. c. Perhatikan juga kapasitas Google Drive anda. Akun Google Drive harus memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung semua data WhatsApp anda.


Langkah utama Back Up ke Google Drive


Ada lima langkah mudah untuk melakukan backup ke Goole Drive, antara lain:

  • Buka Aplikasi WhatsApp Anda.
  • Kemudian Masuklah ke tombol menu > Settings (Setelan) > Chats and calls (Chatting dan panggilan) > Chat back up (Cadangan chat).
  • Tap pada Back up to Google Drive (Cadangkan ke Google Drive) dan tentukan frekuensi back up sesuka Anda, atau tap pada Back Up (Cadangkan) untuk melakukan back up segera.
  • Sampai disini Anda akan diminta memilih akun Google yang akan digunakan untuk mencadangkan riwayat chatting Anda. Jika Anda tidak memiliki akun Google, tap pada Add account (Tambahkan akun) ketika diminta. Mohon ingat akun Google yang Anda gunakan untuk membuat cadangan.
  • Tap pada Backup over (Cadangkan lewat) untuk memilih jaringan yang akan digunakan untuk melakukan proses back up. Perlu diketahui, proses back up lewat jaringan seluler mungkin dapat menyebabkan biaya data tambahan, kecuali Anda berlangganan paket data internet dengan kuota besar atau unlimited (tak terbatas).

----

Demikian artikel mengenai Cara Backup dan Restore Pesan WhatsApp di Google Drive. Sangat mudah bukan. Sekarang anda tidak perlu khawatir kehilangan momen-momen chat terbaik anda jika mengganti gadget.

Related Posts

0 comments: