Mobil matic tidak bisa di starter? Ini solusi nya

shares

Starter pada kendaraan adalah hal yang paling penting untuk di perhatikan. Bayangkan jika ketika di starter, mesin tidak mau menyala. Apalagi jika mobil tersebut adalah mobil 2 pedal atau lebih dikenal dengan mobil matic/automatic.
Berbeda dengan mobil manual/kopling/gigi, jika sulit di starter bisa dibantu dengan di dorong untuk memancing pengapian pada mobil.


Mobil matic tidak bisa di starter banyak sekali kejadian. Teman saya pernah mengalami hal tersebut. Kebetulan dia rumahnya tetanggaan dengan keluarga saya. Hal ini tentu sangat merepotkan. Apalagi jika kita sedang terburu-buru berangkat kerja, atau ada janji dengan kolega.
Setelah mencoba mencari tahu dengan browsing sana-sini, akhirnya saya mendapatkan kesimpulan untuk mengatasi kendaraan yang tidak bisa di starter. Berikut adalah rangkumannya.


Kondisi aki mobil

Kondisi accu atau aki sangat berhubungan erat dengan tenaga starter. Aki berperan penting dalam memacu pengapian awal sebelum mobil dihidupkan. Kondisi aki yang sudah tua atau berumur kemungkinan besar menyebabkan mobil tidak kuat di starter. Bagaimana mengetahui apakah aki anda sudah lemah atau belum? Biasanya untuk mengetahui nya berdasarkan usia si accu tersebut. Jika sudah berumur 2-3tahun, anda sudah siap2 untuk mengganti dengan yang baru. Selain itu perhatikan juga ketika proses starter. Apabila mobil anda susah menyala atau tersendat ketika di starter, waktu nya bersiap memgganti aki.

Berikut ini adalah video tutorialnya


Kehabisan daya listrik

Jangan pernah menyalakan apapun ketika mesin mobil tidak dalam kondisi hidup. Misalnya untuk mengecas hp, menghidupkan radio namun mesin mobil mati. Hal ini akan mengakibatkan daya listrik aki berkurang atau bahkan habis sama sekali. Untuk melalukan starter memerlukan daya. Solusi untuk mengatasi kehabisan daya ini adalah dengan teknik jumper atau memancing daya dari aki lain yang dihubungkan ke aki mobil kita.

------

Kira-kira begitulah cara mengatasi Mobil matic tidak bisa di starter. Jika kedua hal tersebut tidak bisa menyelesaikan, solusi terakhir adalah ke bengkel terdekat

Related Posts

0 comments: