Memanfaatkan atas rumah untuk bertanam sayur

shares

Selama ini kita mengenal bertanam sayur hanya di belakang rumah dan pekarangan depan rumah untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Nah, jika anda memiliki atap rumah dari dak beton atau cor-coran, tidak ada salahnya untuk mencoba teknik ini, yaitu menanam sayur di atap rumah. Atap rumah yang terbuat dari dak beton dapat kita manfaatkan untuk bertanam. Selain untuk mencukupi kebutuhan sayur keluarga, juga untuk menghijaukan rumah anda.


Teknik menanam jenis ini terinspirasi dari keterbatasan lahan, sehingga dengan sedikit ide kreatif, dapat mengubah atap rumah yang biasanya tidak di manfaatkan bisa menjadi bermanfaat.


Akan tetapi, kita harus selektif dalam memilih tanaman yang akan di tanam. Karena tidak semua jenis tanaman tahan terhadap sinar matahari langsung. Tanaman Sayur seperti kangkung, kembang kol dan bayam serta tanaman sayuran lainnya relatif menyukai sinar matahari yang banyak, sehingga bisa kita gunakan sebagai tanaman diatas atap rumah. Akan tetapi perlu diperhatikan juga tanaman ini kurang baik jika diguyur air yang berlebihan. leh karena itu, ketika melakukan penyiraman usahakan hanya membasahi media tanam nya saja.

Untuk mengatasi musim hujan, kita bisa menggunakan plastik transparan sebagai atap dari sayur-sayuran yang kita tanam. Dengan menggunakan atap transparan ini, sinar matahari tetap bisa mengenai tanaman dengan baik.
Keuntungan dari menanam sayur sendiri adalah kita dapat menghindari penggunaan pestisida yang berlebih sehingga kualitas sayur yang kita konsumsi lebih sehat.

Media Tanam

Pot

Untuk menanamnya kita bisa menggunakan pot sebagai tempat untuk menaruh media tanam tanah. Pot yang kita gunakan bisa berbentuk kecil-kecil maupun besar. Penggunaan pot bisa disesuaikan dengan besarnya lahan atap rumah anda. Dalam memudahkan anda merawat pot-pot tersebut, sebaiknya ditempatkan diatas kaki-kai setinggi kurang lebih 20cm


Wadah Papan

Jika kita menggunakan wadah papan, pastikan tingginya kurang lebih 30-40cm untuk memuat media tanam sehingga akar-akar tanaman dapat tumbuh dengan baik.. Lubangi bagian bawah papan penyangga tersebut untuk mengeluarkan air yang berlebih



Lahan Dak beton yang akan dipakai sebaiknya memiliki sedikit kemiringan untuk mengalirkan air hujan atau sisa penyiraman ke dalam lubang pembuangan air.
Menyiapkan media tanam untuk sayuran tidaklah rumit. Anda hanya perlu mengisi wadah-wadah tersebut. Pertama-tama diisi dengan batu kerikil atau pecahan batu bata setinggi 5cm. Kemudain tutuplah lapisan tersebut dengan karung. Setelah itu, barulah anda isi dengan tanah, kompos ataupun pupuk kandang dengan perbandingan 2:1.
Sebelum diisi dengan biji atau benih sayuran, terlebih dahulu media tanam tersebut di diamkan selama 1 minggu.

Related Posts

0 comments: