Masalah Pada Smartphone Android: Lama Saat Di charge Atau malah tidak nambah

shares

Dewasa ini pertumbuhan perangkat smartphne begitu drastis. Dari yang murah banget sampai yg mahal banget tidak sulit anda temukan di counter-counter HP maupun di toko online. Dan biasanya semakin suatu barang di produksi secara massal atau banyak yang produksi, kualitas si barang menjadi kurang optimal. Quality Control menjadi jelek.
Pun demikian dengan kondisi daya/batere/charger. Sekarang ini banyak pengguna yang mengeluh batere nya cepat sekali lowbat, colokan ke hp nya sering lobok, dan ketika di charge batere nya tidak bertambah.

Saya memiliki Smartphone android merk s*msung galaxy. Emang sudah berumur juga sih.Wajar jika sudah banyak penyakit. Ibarat orang, udah tua banyak penyakitnya. Permasalahan yang terjadi adalah ketika di cas batere nya lama terisi. Bahkan sering sekali malah tidak mengisi. Untuk mengatasi masalah seperti ini, berikut adalah penyebab yang mungkin terjadi pada smartphone anda.



Sumber Daya yang digunakan

Penyebab yang mungkin timbul adalah karena sumber daya nya. Seperti saat Anda mengisi baterai smartphone dengan mencolokkan ke laptop atau komputer, biasanya daya baterai akan lambat terisi.

Ada lagi teknlogi terbaru yaitu mengisi daya baterai smartphone menggunakan Wireless. Dari data yang diperleh menyebutkan bahwa menggunakan wireless lebih cepat mengisi dibandingkan menggunakan daya listrik biasa menggunakan terminal.


Permasalahan pada Kabel USB

Alasan utama yang membuat smartphone Anda lambat dalam mengisi daya baterai, salah satu faktornya terdapat pada kabel USB. Cobalah untuk mengecek kembali kabel USB yang digunakan. Bisa jadi ini adalah permasalahan mengapa smartphone anda lama ngecas.

Banyak hal yang mungkin terjadi yaitu seperti salah satu kabel putus karena mungkin gosong atau terputus karena sering ditarik-tarik oleh kita saat di charge,
Kabel USB yang terlilit, melingkar, memutar, rusak pada bagian ujung, dan lain sebagainya dapat menghambat pengisi baterai smartphone. Pastikan kabel USB Anda dalam kondisi yang baik.
Jika sulit mengidentifikasi kabel USB anda apakah dalam kondisi baik, pinjam kabel USB teman dan perhatikan apakah hal tersebut masih tetap terjadi.


Cek kondisi Adaptor

Alasan lainnya yang membuat baterai smartphone lambat untuk terisi adalah karena adaptor. Perlu diketahui bahwa masing-masing produsen HP memiliki jenis adaptor yang tidak sama satu sama lain. Ada yang memakai kabel USB, dan ada yang langsung tanpa kabel USB.

Ternyata charger beda merek dengan smartphone dapat mempengaruhi aliran listrik yang masuk ke baterai smartphone, hal ini karena daya hantar listrik pada charger berbeda-beda dan tidak semua charger cocok untuk semua jenis hp android walaupun slot usb nya sama, faktor ini juga bisa disebut faktor smartphone artinya sama-sama tidak cocok.

Untuk adaptor yang memakai USB tambahan memiliki kadar adaptor berbeda. Hal itu bisa dilihat dari tegangan, watt, amper, dan general powerage.


Faktor HP/Smartphone

Dalam mengisi daya baterai, cepat atau lambat itu balik lagi terhadap prosesor yang dimiliki oleh smartphone anda. Biasanya prosesor yang lebih baru akan mendukung pengisian baterai dengan lebih cepat dibandingkan prosesor model lama.

Seperti halnya pada Samsung Galaxy S2 dengan Galaxy S6, yang mana memiliki perbedaan jauh dalam hal pengisian daya baterai.

Untuk Galaxy S2 karena menggunakan prosesor yang memiliki tipe model lama, dalam mengisi baterai akan lebih lambat dibandingkan Galaxy S6 yang telah mengunakan prosesor terbaru.


Colokan USB Longgar

Apabila smartphone anda tidak penuh-penuh pada waktu di charge, mungkin salah satu penyebabnya adalah usb longgar, USB longgar ini kemungkinan penyebabnya adalah penggunaan yang kurang baik seperti mencabut kabel charge dengan keras atau terlalu keras saat mencolokkan kabel charge ke smartphone hal ini akan membuat usb menjadi longgar.
Jika usb pada smartphone atau usb pada kabel data longgar tentu akan menghambat masuknya daya arus listrik ke baterai, Jangan khawatir, persamalahan ini dapat diatasi yaitu harus mengganti kabel usb dengan yang baru,


Cara mengatasinya Smartphone yang  Lama di charge

Biasa nya kalau saya mengalami masalah seperti ini, hp saya restart. Setelah dilakukan proses pengecasan kembali normal. Saya menarik kesimpulan mengapa smartphone nya lama nge-charge atau tidak mengisi sama sekali ini dikarenakan banyak aplikasi yang berjalan. Sehingga menyebabkan daya yang digunakan untuk menjalankan aplikasi lebih banyak dibandingkan dengan saya yang masuk dari proses charging.

Selalu gunakan charger bawaan pabrikan smartphone anda. Karena charger bawaan di desain sesuai kebutuhan hp nya. Untuk menjaga baterai dapat diisi dengan stabil, Anda harus menggunakan adaptor yang diperoleh dari smartphone Anda.

Yang paling penting adalah cek kondisi baterai hp. Apakah menggembung atau masih dalam kondisi baik. Beberapa kasus yang terjadi karena masalah ini adala dikarenakan batere yang menggembung. Jika hal itu terjadi yang harus dilakukan adalah menggantinya dengan baterai yang baru,

Itulah uraian singkat mengenai Smartphone Android yang lama Saat Di charge. Mudah-mudahan dapat membantu. terima kasih

Related Posts

0 comments: