Cara Mempertahankan Nafsu Makan

shares

Perubahan nafsu makan merupakan salah satu masalah yang sering disepelekan oleh kebanyakan orang. Namun bagaimanapun juga, hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan, apalagi jika terjadi dalam waktu yang lama.



Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh akan memasok zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga tubuh bisa tetap sehat dan siap untuk melakukan aktivitas. Jika hal ini berhenti, maka secara otomatis tubuh juga tidak akan mendapatkan zat-zat tersebut sehingga terjadilah kekurangan nutrisi.
Berangkat dari kondisi seperti ini, maka sangat penting bagi Anda untuk memahami bagaimana cara mempertahankan nafsu makan.

Mengenal Penyebab Masalah Nafsu Makan

Nafsu makan yang turun bisa disebabkan oleh banyak faktor dan bisa berbeda-beda pada setiap individu. Umumnya, masalah kebiasaan, penyakit, usia, masalah psikis, kondisi kejiwaan, ataupun penggunaan obat-obatan tertentu bisa membuat hilangnya nafsu makan.

Untuk kebiasaan, biasanya terjadi pada mereka yang memiliki kegemaran mengkonsumsi makanan tidak sehat ataupun tidak menjaga pola makannya. Untuk orang tua, penurunan nafsu makan memang disebabkan oleh usianya. Sementara untuk konsumsi obat-obatan seperti obat diet atau obat pilek juga akan berdampak pada nafsu makan.

Sejumlah penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan juga bisa berhubungan dengan selera makan. Kondisi tubuh yang stres atau depresi juga bisa memicu hal ini. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk terlebih dahulu mengenali hal-hal apa saja yang menyebabkan nafsu makan Anda hilang sehingga bisa diambil langkah yang tepat dalam menanggulanginya.

Konsumsi Suplemen

Konsumsi suplemen baik itu yang berupa pil atau sirup sangat efektif untuk mengembalikan nafsu makan Anda. Namun sebaiknya perhatikan kandungan dari suplemen tersebut, karena penggunaan bahan-bahan kimia dapat menimbulkan efek samping.

Konsumsi Alami

Saat tubuh Anda sudah terasa lemah yang diikuti dengan turunnya nafsu makan, maka konsumsilah sayur, buah, dan air putih dalam jumlah yang lebih. Metode seperti ini tergolong lebih baik karena sangat minim akan efek samping. Untuk lebih menggugah, Anda bisa menyajikannya dalam bentuk jus jeruk, jus tomat, atau mengkonsumsi buah pisang yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara untuk sayuran, konsumsilah daun singkong atau daun bayam karena bisa membantu untuk memenuhi asupan vitamin dan gizi Anda.

Sediakan Makanan Favorit

Cara mempertahankan nafsu makan selanjutnya adalah dengan menyediakan makanan yang memang Anda sukai. Buatlah daftar dari makanan favorit Anda, kemudian konsumsilah secara bertahap sehingga selera makan Anda bisa tergugah kembali.

Menu Bervariasi


Mengkonsumsi menu yang sama untuk jangka waktu panjang dijamin akan membuat Anda bosan atau eneg. Maka dari itu, buatlah menu makan Anda lebih bervariasi atau tidak ada salahnya mencoba makanan jenis baru sehingga bisa membuat Anda merasa lebih tertantang untuk segera makan.

Perhatikan Tampilan Makanan

Terkadang, selera makan seseorang bisa muncul hanya dikarenakan penampilan dari sebuah makanan, baik itu wadah atau cara penyajiannya. Untuk itu, perhatikanlah tampilan dari sebuah hidangan dan utamakan makanan yang bisa membuat selera makan Anda tergugah.

Dorongan Psikologis

Psikologis yang terganggu memang bisa membuat nafsu makan ikut terganggu pula. Maka dari itu, tenangkanlah hati dan pikiran Anda. Jika Anda memiliki masalah, yakinilah bahwa hal tersebut bisa diselesaikan dan akan didapatkan solusinya. Saat masalah psikologis ini bisa berkurang, maka secara perlahan nafsu makan Anda akan ikut meningkat.

Sedikit Demi Sedikit

Dalam usaha meningkatkan nafsu makan, hindari untuk memulai dengan porsi besar, karena justru akan membuat niat Anda menjadi surut. Sebaiknya lakukan hal ini secara bertahap. Jika memungkinkan, makanlah secara sedikit demi sedikit sekalipun makanan tersebut terasa pahit.


Konsultasi Pada dokter

Apabila Anda sudah mencoba segala usaha dalam waktu yang lama dan nafsu makan Anda tetap saja hilang, maka sudah saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Hal ini menjadi pertanda bahwa Anda memang sudah membutuhkan pertolongan yang khusus.

***

Perubahan nafsu makan adalah hal yang terjadi secara alamiah. Meskipun demikian, Anda tidak bisa membiarkannya dalam waktu yang lama karena akan berdampak buruk bagi tubuh. Semoga cara mempertahankan nafsu makan yang kami berikan di atas bisa membantu Anda untuk mengatasi hal ini.

Related Posts

0 comments: