Tips Jitu Menggemukkan Badan

shares

Menggemukkan Badan - Secara umum, banyak orang yang menghindari namanya kegemukan. Alasannya jelas, tubuh gemuk bisa membuat penampilan seseorang terlihat kurang menarik, kesulitan dalam melakukan aktivitas, serta rentan terhadap penyakit.


Meskipun demikian, tubuh yang kurus tidak berarti selalu lebih sehat dan enak dipandang. Tubuh yang terlalu kurus dengan berat badan yang kurang proporsional terhadap tinggi badan juga memiliki resiko besar untuk terkena peyakit. Bahkan tubuh yang seperti ini juga memiliki sedikit tenaga dalam menunjang aktivitas harian.

Berangkat dari masalah ini, maka kami akan memberikan tips jitu menggemukkan badan yang sekiranya bisa membantu Anda untuk memiliki penampilan yang lebih kuat, berisi, dan juga berotot.

Indikator Gemuk

Pada dasaranya, seseorang bisa disebut gemuk jika memilki berat badan yang tidak lebih dari 110 % dari berat badan ideal. Berat badan ideal ini sendiri bisa diketahui dari tinggi badan yang dikurangi 100 lalu dikali 0,9. Jika tinggi badan seseorang adalah 165 cm, maka berat badan idealnya: (165 – 100) x 0,9 = 58,5 kg.
Nah, apabila berat badan orang tersebut berada di bawah 90% x 58,5 kg, maka ia bisa dikategorikan sebagai kurus. Namun jika berat badannya justru melebihi melebihi 110% x 58,5 kg, maka ia bisa dikategorikan gemuk.

Penyebab Sulit Gemuk

Nah, setelah Anda mengetahui berat badan ideal serta berat badan minimal dan maksimal Anda, maka perlu dicari tahu mengapa tubuh Anda sulit mengalami peningkatan atau mengapa berat badan Anda turun begitu drastis. Sejumlah hal yang bisa menyebabkan orang memiliki tubuh kurus adalah:

  • Kurang makan yang bisa disebabkan oleh rasa malas, sibuk dengan pekerjaan, atau karena pola makan yang memang tidak tertaur.
  • Jarang melakukan olahraga sehingga otot-ototnya tidak bisa terbentuk sempurna dan menyimpan energi.
  • Adanya faktor keturunan.
  • Adanya penyakit tertentu.
  • Pengaruh stress.


Tips Jitu Menggemukkan Badan

Agar bisa meningkatkan berat badan Anda hingga mencapai angka yang ideal atau mengembalikan berat badan setelah turun, ada sejumlah resep sehat dan aman yang bisa Anda coba.

- Makanan

Menjadi gemuk bukan berarti mewajibkan Anda untuk terus makan secara berlebihan dan tak terkontrol. Bagaimanapun juga, nutrisi di dalam makanan merupakan poin penting yang harus diperhatikan. Hal ini bertujuan agar makanan yang diserap oleh tubuh bisa terbentuk menjadi sel-sel yang bermanfaat, bukan menjadi sel-sel yang bertumpuk dan menjadi penyakit.
Untuk itu, perhatikanlah pola makan Anda seperti:
Konsumsi makanan yang bernutrisi dan mengandung karbohidrat seperti roti gandum, kentang, telur, protein dari daging merah, dan kacang-kacangan. Selain itu, konsumsi pula makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti alpukat.
Pastikan agar Anda tidak pernah melewatkan sarapan pagi.
Saat makan, pastikan untuk mengunyah hingga habis agar makanan tersebut bisa diserap oleh tubuh secara sempurna.
Hindari untuk makan sebanyak-banyaknya. Cukup makan dengan porsi normal, namun usahakan agar frekuensinya bisa lebih sering.
Untuk cemilan, perbanyaklah cemilan yang bergizi dan tidak mengandung gula berlebih.

- Minuman

Selain dengan menjaga konsumsi makanan, Anda juga wajib memperhatikan asupan minuman setiap harinya. Pasalnya, minuman bisa memberikan dampak yang sangat besar terhadap usaha Anda dalam menggemukkan badan.

  • Perbanyaklah konsumsi air putih sehingga metabolisme tubuh Anda bisa berjalan lebih optimal. Meskipun air dingin bisa membantu tubuh untuk lebih gemuk, namun hal ini hanya akan mempersulit sistem pencernaan dan peredaran darah Anda.
  • Perbanyak minum susu, terutama susu kental dan susu segar.
  • Konsumsi pula jus buah yang murni tanpa adanya tambahan gula ataupun pengawet.
  • Sebaiknya kurangi konsumsi kopi atau teh Anda, karena kandungan kafein di dalam minuman tersebut bisa membuat nafsu makan hilang.


***

Nah, itulah beberapa tips jitu menggemukkan badan yang bisa Anda terapkan melalui pola makan yang sehat. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok karena bisa membuat Anda kehilangan selera makan. Pastikan supaya Anda rutin berolahraga sehingga pertumbuhan jaringan otot bisa terstimulasi dan juga mempermudah penyerapan kalsium.

Related Posts

0 comments: