Fitur – Fitur Tambahan Yang Keren Pada MIUI 7

shares

Setelah diributkan tanggal pasti peluncuran MIUI 7, kini beredar beberapa fitur terbaru dari MIUI 7. Terdapat beberapa perubahan dibandingkan dengan seri sebelumnya, MIUI 6.



Lei Jun, pendiri dan CEO dari perusahaan teknologi Xiaomi, telah meluncurkan MIUI 7 terbaru berbasis Android 5.0 Lollipop pada kesempatan acara ulang tahun MIUI ke 5 pada tanggal 13 Agustus di Tiongkok. Sekarang, Xiaomi baru saja meluncurkan versi global MIUI 7 di New Delhi, India.

Menurut informasi dari Xiaomi, jumlah tim Litbang / R & D  dari MIUI sendiri terdiri dari 750 anggota. Sampai saat ini, ada lebih dari 150 juta pengguna aktif MIUI di 156 negara dan juga diterjemahkan ke dalam 32 bahasa beberapa negara. Preview untuk pengembang akan tersedia untuk Redmi 1S, Redmi 2, Mi 3/4 / 4i, Redmi Note 3G / 4G pada 24 Agustus mendatang.
Di negeri asalnya Tiongkok, Xiaomi juga telah meluncurkan Redmi Note 2 dan Redmi Note 2 Prime bersama dengan ROM MIUI terbaru. Tapi di India, perusahaan belum menyebutkan tentang peluncuran Redmi Note 2 karena adanya masalah dengan Ericson mengenai pelanggaran hak paten perangkat yang menggunakan prosesor MediaTek.

Namun yang ditunggu-tunggu dalam kehadirannya pasti disematkannya fitur-fitur baru pada ROM MIUI 7. Perusahaan mengatakan MIUI 7 mendapat peningkatan 30% lebih cepat saat membuka aplikasi dan 10% lebih hemat dalam penggunaan baterai. Nah kali ini kami akan mengulas fitur – fitur baru pada MIUI 7 secara lebih rinci.

Show Time

Dengan MIUI7 Show Time, Anda dapat mengatur video untuk kontak, sehingga ketika Anda menerima panggilan dari nomor tertentu, notofikasi yang muncul adalah berupa video bukan ringtones yang sudah mainstream. Anda dapat bertukar kartu kontak ini dengan teman-teman Anda, fitur ini belum hadir saat ini dan akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Desain Theme/Tema yang baru.

Pada MIUI 7 ini telah disematkan berbagai pilihan tema menarik, sebagai bawaan ada empat sistem tema/theme baru yang bisa Anda pilih ketika menghidupkan ponsel. Keempat theme/tema tersebut meliputi :
Yang pertama theme/tema Rose, yaitu antarmuka yang berwarna merah muda cerah terispirasi dari fashion mewah untuk kalangan wanita yang menyukai fashion kelas atas.



Berikutnya ada Theme yang menawarkan warna merah muda pastel, yakni Pink Blush. Antarmuka ini ditujukan bagi perempuan remaja yang girly.



Selanjutnya Theme Ocean Breeze yang menampilkan warna biru laut yang lebut yang dapat mencakup semua kalangan.



Yang terakhir adalah Theme High Life, yakni desain tema antarmuka yang menampilkan nuansa warna gelap mewah dan ditujukan untuk pengguna yang memiliki gaya hidup terkini.



MUSE – Pembuat Tema



Untuk menciptakan tema yang lebih baik bagi pengguna MIUI, Xiaomi merilis sebuah aplikasi pembuat tema baru yang bernama ‘MUSE.’. Aplikasi ini cukup mudah digunakan dan tidak memerlukan pengetahuan khusus tentang pemrograman. Dengan menggunakan MUSE, Anda dapat membuat tema dengan animasi kaya dan konten yang dinamis. Xiaomi juga mengatakan sekarang pihaknya memiliki lebih dari 15.000 tema yang tersedia di tokonya.


Album Foto Bayi

Fitur Baby Photo Album berisi bermacam-macam foto bayi Anda sebagai folder terpisah dan telah menerapkan teknologi pengenalan wajah. Sangat mudah untuk berbagi foto ini dengan anggota keluarga lainnya, dan Anda juga dapat mengatur foto bayi sebagai wallpaper atau sebagai slide show di lockscreen. Aplikasi ini dapat secara otomatis mengubah perubahan wallpaper dengan foto terbaru dari bayi Anda.

Mode Anak

Mode Anak diperuntukan bagi orang tua muda yang ingin menyesuaikan aplikasi apa saja akan tersedia saat anak-anak mereka menggunakan ponsel mereka. Ini akan memberi batasan akses ke SMS, Dialer, dan aplikasi penting lainnya agar anak Anda tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut. Dengan menggunakan fitur ini, tidak akan ada perubahan dalam tata letak UI. Fitur Child Mode seperti ini pun sudah ada produsen perangkat lain yang telah memiliki fitur semacam ini pada perangkat mereka seperti fitur ‘Child Mode’ yang terdapat pada perangkat Samsung.



Ketahanan Baterai Lebih Lama

Ketika telepon dalam keadaan modus siaga, sekitar 48% menguras daya baterai karena aplikasi latar belakang sedang berjalan. Hal ini disebabkan pemindaian jaringan, operasi CPU seperti menggunakan GPS bahkan saat tidak mengoperasikan navigasi, Frequent Wi-Fi sinkronisasi dan banyak hal lain yang menyebabkan baterai terkuras bahkan saat dalam modus siaga. MIUI7 mengoptimalkan baterai yang menghasilkan daya tahan baterai lebih irit 25% dari MIUI6. Seperti yang bisa Anda lihat pada video perbandingan berikut.

Peningkatan Performa

Dengan MIUI 7, pengalaman pengguna akan semakin ditingkatkan, proses startup untuk sebuah aplikasi telah dioptimalkan sehingga tidak dibutuhkan waktu yang panjang untuk memulainya. Ini akan mengoptimalkan waktu respon sistem dengan memuat data dan animasi aplikasi secara paralel. Jika dibandingkan dengan MIUI 6, MIUI 7 memiliki performa 30% lebih cepat yang perbandingannya dapat Anda disaksikan pada video berikut.

Optimalisasi Font (XXL Text)



Untuk orang-orang penyandang tuna netra, smartphone paling mewah pun tidak menawarkan antarmuka pengguna yang lebih baik. Sebagai contoh perusahaan,  iPhone 6 dan Samsung Galaxy Note 4 hanya membuat font yang lebih besar dan lebih besar tanpa mengendalikan bagian lain dari UI. MIUI 7 merupakan pilihan terbaik bagi mereka untuk digunakan karena, MIUI 7 menyediakan font yang lebih besar dengan menyesuaikan tampilan percakapan sehingga tampak dinamis.



MIUI Data Saver / Menghemat Bandwith

Xiaomi bekerja sama dengan Opera memperkenalkan data Saver. Seperti aplikasi data saver yang lainnya, pengkompresan data pada browser untuk menghemat hingga 50% dari penggunaan data Anda. Fitur ini akan diluncurkan pada bulan September 2015 mendatang di Tiongkok, India, Brazil, Hong Kong, Taiwan, Singapura, Malaysia, dan Filipina.




DND Otomatis
Fitur baru ini menggunakan Mi Band sebagai pengendali untuk mengatur notifikasi pada ponsel. Saat Mi Band mendeteksi Anda sedang tertidur, maka secara otomatis MIUI 7 akan mengaktifkan mode Do Not Disturb (DND) dan mengubah pengaturan profil notifikasi ponsel ke mode diam. Ketika Mi Band mendeteksi Anda sudah bangun dari tidur, maka secara otomatis mode DND akan dinonaktifkan atau kembali ke normal. Fitur ini ditujukan untuk mengoptimalkan kualitas tidur Anda. Fitur ini hanya dapat difungsikan oleh pengguna yang menggunakan Mi Band.



Itulah fitur-fitur baru yang akan dibawa MIUI 7, tentunya Anda sudah tidak sabar untuk mencicipi MIUI 7 pada perangkat Xiaomi Anda bukan?

Related Posts

0 comments: