Mengenal Teknologi 5G

shares

Perkembangan teknologi semakin cepat. Muncul dari beberapa teknologi mulai dari 2G, 3G, dan 4G. Dan ternyata manusia pun belum memiliki rasa untukpuas. Banyak Perusahaan Telekomunikasi sedang melakukan penelitian tentangTeknologi 5G. perusahaan yang melakukan penelitian Teknologi 5G ini antara lain Perusahaan raksasa mulai dari Samsung, Huawei, Ericsson. Bahkan Perusahaan telekomunikasi Verizon, sedang membahas baru-baru ini tentang sebuah teknologi jaringan yakni 5G. Yang dimana teknologi ini bersifat ultra cepat yang akan diuji coba pada tahun 2017.


CEO Verizon, Lowell McAdam mengatakan,bahwa operator akan membawa uji coba 5G ini di kantor pusatnya sekitar bulan depan, dengan peluncuran komersial paling lambat pada 2017. Terbayangkan bagaimana kecepatan dari Teknologi 5G ini ?



Dari gambar di atas, dapat dilihat perbedaan kecepatan data yang sangatlah menonjol. Konektivitas nirkabel generasi ke-4 atau 4G yangberada di 1.000 Mbps sedangkan5G melesat dengan 10.000 Mega bytes per seconds, secara singkat 10 kali sangat lebih cepat dibandingkan dengan 4G. Yang menariknya dari Teknologi 5G ini yakni latency, kemudian dari hasil penelitian dari Perusahaan Ponsel Korea Selatan yakni Samsung, 5G memiliki latency yang sangatlah rendah di pastikan tidak ada dengan kata delay atau tertunda beberapa saat. Bahkan untuk sebuah koneksi yang bersifat live streaming untuk real-time video, hal inilah sangat membantu dan menolong sekali. bahkan dalam hal bandwith,

Teknologi 5G dapat memberikan koneksi internet dengan bandwith yang sangat lebih besar untuk keinginan dan kebutuhan internet mendatang.  Karena Teknologi 5G belum bisa ditetapkan secara resmi,dan memanglah sangat sulit untuk mengatakan apa jenis dari minimum untuk kecepatan jelajah yang anda akan dapat harapkan dari itu.

Samsung memiliki beberapa sebuah bentuk profil dari tes kecepatan 5G tahun lalu, telah mencatat kecepatan maksimum 7,5 Gbit per seconds sementara stasioner (937,5 mega bytes dalam hitungan satu detik,dan hanya di bawah sekitar 1 GB itu pun merupakan isi seluruh film dalam satu detik) dankemudian 1,2 Gbit per seconds sementara videoreal time (150 Mega bytes persatudetik). Perusahaan Ericsson pun juga berhasil berhasil melakukan 5G demo pada pertengahan 2014 dengan 5 Gbit per seconds.Perusahaan Huawei pun juga mengklaim beberapa waktu lalu bahwa Perusahaan Huawei akan merilis 5G jaringan komersial pada tahun 2020 yang lebih dari 1.000 kali lebih cepat dari kecepatan 4G untuk saat ini. Angka-angka tersebut memang yang cukup mengejutkan jika Anda melakukan perhitungan matematika.Perusahaan Huawei sekarang sedang mempromosikan sebuah rancangan teknologi yang sering disebut 4.5g, yang mengacu pada kecepatan internet mobile yang sangat jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan teknologi 4G (LTE-A) akan tetapi hal tersebut memang belum cukup apabila dibandingkan dengan Teknologi 5G.

Kemudian pertanyaan yang akan muncul di pikiran kita, kapan teknologi ini akan muncul ?apakah tahun ini ? Untuk tahun ini belum ada dikarenakan masih banyak sekali penelitian. Pada tahun 2020 adalah tahun yang telah prediksi dari beberapa orang beberapa banyak yang telah menyebutkan tahun tersebut di internet dan media sosial lainnya.

Dan berikut ini adalah standar-standar dari Teknologi 5G yang telah terbayangkan :

  • Dengan kecepatan 20 Giga bytes per seconds sangat cukup cepat apabila mengunduh sebuah film HD yang berukuran 8 GB dalam enam detik.
  • Teknologi dari Jaringan 5G diharapkan selalu berjalan tanpa adanya sebuah drop out.
  • Teknologi 5G dapat memungkinkan mobil tanpa seorang sopir dan jalan raya akan terhubung untuk memberikan sebuah informasi tentang kecelakaan mobil yang berada di lokasi kecelakaan tertentu
  • Teknologi 5Gdapat membuat orang untuk mengontrol mesin berat dari jarak 5 – 7 mil .
  • Teknologi 5G dapat membuat orang yang menggunakan perangkat sebuah mobile untuk menemukan ruang parkir yang telah tersedia dipenjuru kota dan tidak perlu mendaftar untuk khusus layanan tertentu.
  • Teknologi 5G bisa membantu pekerjaan dokter dalam melakukan operasi jarak jauh, dengan mengendalikan sebuah robot di ruang operasi.
  • Nah itu adalah ulasan tentang Teknologi 5G semoga bermanfaat bagi para pembaca

Related Posts

0 comments: