Hati-hati !! Bahaya Kegemukan bagi kesehatan anda

shares

Kegemukan merupakan fenomena yang sangat sering dijumpai di dalam kehidupan sehari-hari, apalagi untuk masyarakat industri. Kegemukan atau biasa disebut obesitas merupkan kondisi di mana terjadi kelebihan lemak di dalam tubuh dan biasanya tertimbun pada jaringan bawah kulit, di sekitar organ tubuh, dan bisa meluas hingga ke dalam jaringan organ.

Bahaya kegemukan bagi kesehatan terbilang sangat besar, bahkan bisa berdampak pada seluruh tubuh. Sejumlah penyakit yang kronis seperti diabetes dan penyakit jantung sangat mudah menghampiri orang yang kelebihan berat badan.



Kegemukan bisa menimbulkan penyakit serius seperti:

Gangguan Pernapasan

Penderita obesitas biasanya akan sulit sekali untuk bernafas dan nafasnya pun cenderung pendek. Kondisi ini disebabkan oleh tumpukan lemak pada daerah leher dan dada sehingga orang tersebut kesulitan dalam mengambil atau membuang nafas.

Masalah Kulit

Masalah pada kulit yang diakibatkan oleh kegemukan bisa dipicu oleh berbagai faktor, umumnya adalah perubahan hormon. Timbunan lemak yang berlebih juga akan membuat kulit menjadi melebar yang kemudian memunculkan garis-garis halus. Selain itu, lipatan-lipatan lemak juga akan membuat bakteri dan jamur tumbuh dengan subur, sehingga sangat mudah memicu infeksi kulit.

Nyeri Lutut

Orang yang bertubuh gemuk sangat mudah untuk mengalami nyeri pada bagian persendian dan otot kakinya. Dalam jangka panjang, rasa nyeri yang tak kunjung sembuh ini bisa berdampak buruk terhadap postur tubuhnya. Hal ini dikarenakan berat badan yang memberikan tekanan atau beban pada lutut dan juga pergelangan kaki.

Naiknya Asam Lambung

Kelebihan berat badan ternyata bisa memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. Jika hal ini terjadi, maka si penderita akan merasakan sakit, sensasi terbakar, dan tekanan pada sekitar leher dan dadanya. Kondisi ini diakibatkan oleh tumpukan lemak yang menekan daerah lambung yang kemudian memicu naiknya asam lambung.

Depresi

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa orang yang bertubuh gemuk cenderung mengalami depresi. Bahkan bagi mereka yang berpikir tubuhnya gemuk sekalipun, sangat rentan untuk terkena depresi. Kegemukan bisa memicu seseorang untuk merasa malu dan rendah diri sehingga mendorong penderitanya untuk menjadi stres dan depresi.

Mendengkur

Bahaya kegemukan bagi kesehatan selanjutnya adalah munculnya gangguan tidur yang sering dikaitkan dengan mendengkur. Kondisi ini disebabkan oleh jaringan lemak di dalam tubuh yang memberikan kontribusi buruk sehingga penderitanya tidur dengan mendengkur.

Sakit Punggung

Ada banyak penderita obesitas yang mengeluhkan rasa sakit pada punggungnya. Apalagi tumpukan lemak tersebut akan semakin menambah beban pada tulang belakang. Jika berat badan penderitanya tidak segera diturunkan, maka resiko terjadinya patah tulang dari dalam semakin besar.

Tekanan Darah Meningkat

Meningkatnya tekanan darah atau hipertensi merupakan kondisi yang harus diterima oleh mereka yang bertubuh gemuk. Dari kebanyakan kasus, tekanan darah tinggi ini menjadi pemicu dari munculnya penyakit jantung.

Haid Tidak Lancar

Hormon yang tidak seimbang akan memicu datang bulan yang tidak teratur. Pada sisi lain, ketidakseimbangan hormon sangat mudah dipicu oleh kegemukan. Tubuh yang kelebihan lemak bisa mempengaruhi kinerja dari hormon sehingga fungsinya tidak lagi normal.

Varises

Varises merupakan kondisi yang terjadi ketika vena melebar sebagai dampak dari lemahnya dinding pembuluh darah. Varises bisa ditandai dengan munculnya gumpalan pembuluh darah yang berwarna biru atau ungu. Selain itu, varises juga bisa muncul karena adanya riwayat keluarga.


***




Itulah beberapa bahaya kegemukan bagi kesehatan yang sangat perlu untuk diperhatikan. Sebaiknya jagalah pola makan dan gaya hidup Anda agar bisa mencegah terjadinya kegemukan.

Related Posts

0 comments: