Langkah Mudah Menghembat Baterai Pada Samsung Galaxy Tab 2

shares

Masalah baterai sebenarnya merupakan hal klasik yang sering ditemukan pada tablet Android maupun perangkat smarphone. Namun, Anda tentunya dapat melakukan beberapa hal untuk mengakalinya. Sama halnya dengan Samsung Galaxy Tab 2, layar lebarnya yang tajam pasti akan membuat Anda menjadi selalu kepincut untuk menggunakan tablet kesayangan terus menerus. Sehingga, hal tersebut akan berdampak pada isi ulang baterai yang harus sering dilakukan.


Agar baterai Samsung Galaxy Tab 2 lebih hemat, Anda dapat melakkan beberapa hal sebagai berikut.

Mengatur GPS

Anda dapat memilih bagian lokasi dan mematikan opsi Use GPS Satellites pada bagian Pengaturan. Kaerna energi baterai tablet akan banyak terkuras saat mencari sinyal GPS secara terus menerus. Jika Anda sedang berada di luar ruangan dan ingin menggunakan Google Maps, baru lah opsi tersebut dapat dinyalakan kembali. Pada pengaturan lokasi, Anda dapat menonaktifkan opsi Gunakan jaringan nirkabel. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mematikan GPS saat tidak sedang digunakan melalui bagian panel kontrol cepat di bawah kanan layar.

Multitasking

Proses multitasking tentunya tidak selalu Anda perlukan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mematikannya saja sehingga daya baterai akan semakin hemat. Anda dapat melakukannya dengan cara masuk ke Pengaturan, kemudian pilih Opsi Pengembang dan matikan Do not Keep Activities. Sehingga suatu aplikasi tidak akan tetap berjalan saat Anda telah keluar.

Sinkronisasi

Sinkronisasi otomatis dapat dinonaktifkan bagi Anda yang hanya memanfaatkan tablet untuk sekedar browsing mencari berita atau membaca buku sehingga pemakaian data dapat dikurangi. Pada menu Pengaturan, pilih lah Akun dan Sinkronisasi. Setelah itu, matikan Auto Sync.

Mengatur WLAN

Salah satu faktor yang menjadi penyebab mengapa daya baterai pada tablet Anda sering habis dengan cepat adalah WLAN atau yang lebih sering disebut dengan Wi-Fi. Anda dapat mengaturnya dengan pergi ke Pengaturan, kemudian pilih Wi-Fi dan tekan ikon 3 baris pada bagian pojok kanan atas. Setelah itu, pilih Tingkat lanjut (Advanced).
Anda kemudian dapat masuk ke opsi Tetap Aktifkan Wi-Fi saat tidur. Pada halaman ini,  terdapat 3 opsi penggunaan WiFi yaitu Selalu, Hanya ketika tersambung, dan Jangan pernah. Pilihan Selalu akan cocok bagi Anda yang sedang mendownload game atau tidak mempunyai konektivitas internet pada jaringan seluler. Namun, jika Anda memilih pilihan tersebut, maka akan menjadikan baterai ponsel Anda akan cepat habis. Sementara pilihan Hanya ketika tersambung hanya akan mengaktifkan WiFi saat ada hotspot yang sedang terhubung.
Pilihan Jangan pernah akan menonaktifkan Wi-Fi sehingga baterai Anda menjadi lebih hemat. Namun, kuota data seluler yang Anda miliki tentunya akan menjadi cepat habis. Jika Anda mau sedikit repot, maka WiFi harus rajin untuk dinyalakan saat akan digunakan dan dimatikan kembali melalui panel atur cepat yang tersedia pada bagian kanan di bawah layar.

Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar dapat Anda sesuaikan agar baterai dapat semakin hemat. Memilih opsi otomatis memang menjadi ide yang bagus, namun Anda dapat menggunakan tingkat kecerahan yang paling rendah jika ingin lebih hemat. Saat Anda masih kurang merasa nyaman, gerakkan lah kursor ke kanan dan ke kiri sehingga Anda akan merasa pas saat memandang layar. Kursor tersebut juga dapat Anda temukan dengan mudah pada panel kontrol cepat yang terdapat di informasi jam.
Tips – tips di atas sebenarnya juga dapat dicoba untuk diaplikasikan oleh pengguna Galaxy Tab dengan versi sebelumnya ataupun perangkat Android pada umumnya. Dengan demikian, baterai Anda akan lebih tahan lama saat digunakan sehari – hari. Selamat mencoba!

Related Posts

0 comments: