Cara Mengecilkan Lingkar Perut

shares

Memiliki lingkar perut yang besar akan membuat penampilan Anda terlihat buruk, bahkan bisa berdampak pada kesehatan Anda. Orang dengan lingkar perut besar atau buncit lebih rentan untuk mengidap penyakit tertentu. Bagaimanapun juga, Anda harus menemukan cara mengecilkan lingkar perut yang efektif dan aman untuk dilakukan.


Lingkar perut yang besar merupakan kondisi yang menandakan bahwa ada tumpukan lemak yang berlebih pada perut Anda. Tumpukan lemak ini tergolong tipe yang berbahaya karena bisa menutupi organ di dalam tubuh sehingga mengakibatkan peradangan. Tipe lemak seperti ini juga sangat beresiko untuk terserang penyakit jantung, gula, atau stroke.
Masalah ini sendiri tidak hanya dialami oleh mereka yang memiliki berat berlebih, namun orang yang bertubuh normal sekalipun bisa menimbun lemak pada perutnya. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya waspadalah karena lemak tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.
Sebagai langkah pencegahan terhadap penyakit-penyakit berbahaya tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Jika Anda bisa menerapkannya secara rutin, maka dalam waktu 2 bulan lingkar perut Anda akan menjadi lebih kecil.

Olahraga Teratur

Ketika melakukan olahraga, maka lemak pada perut merupakan bagian pertama yang akan dikeluarkan. Untuk itu, pastikan agar Anda bisa berolahraga secara rutin yang disertai dengan intensitas yang tepat. Sebaiknya tambah pula aktivitas fisik Anda, sekalipun hanya sedikit.
Melakukan olahraga yang menuntut untuk bergerak cepat selama 45 menit sudah sangat cukup untuk mengeluarkan keringat dan meningkatkan detak jantung. Jika diterapkan secara rutin, maka lemak pada perut Anda bisa berkurang. Jenis olahraga yang dianjurkan adalah lompat tali, sit up, dan hulahop.

Hindari Makanan Olahan

Cara mengecilkan lingkar perut selanjutnya adalah dengan memperhatikan pola makan Anda. Sebaiknya batasi atau jika memungkinkan hindari makanan olahan. Kebiasaan seperti ini bisa membantu untuk menurunkan lingkar perut hanya dalam waktu 1 bulan. Perlu Anda pahami bahwa lemak jenuh sangat mudah didapatkan dengan mengkonsumsi makanan seperti gorengan, nasi putih, tepung terigu, dan minuman yang menggunakan pemanis fruktosa.
Sebisa mungkin singkirkan jenis makanan olahan dari menu harian Anda. Selain itu, porsi makanan dan kalori juga merupakan hal yang krusial dalam usaha mengecilkan lingkar perut. Konsumsi kalori Anda sebaiknya dikurangi sebanyak 500 kal dari total kebutuhan harian. Dengan membuang kalori lebih banyak dibanding yang Anda makan, bisa menurunkan berat sekitar 0,45 kg setiap minggunya. Saat berat Anda berkurang, maka lingkar perut akan ikut mengecil.

Pola Hidup Sehat

Pada dasarnya, penurunan berat badan yang sehat dan benar adalah 0,45 hingga 1 kg setiap minggunya. Artinya, dalam 2 bulan Anda bisa menurunkan berat hingga 7 kg atau mungkin lebih jika Anda berusaha lebih ekstra lagi. Pastikan agar Anda tidak terlalu berharap hasil yang cepat, karena justru akan membuat Anda menjadi frustasi. Jangan melakukan olahraga dengan intensitas yang lebih dari kemampuan Anda.

***

Apabila Anda bisa mendapatkan berat badan yang ideal, maka secara otomatis lingkar perut Anda juga akan ikut menjadi normal. Jika hal ini sudah Anda dapatkan, sebaiknya jangan menghentikan program olahraga dan diet yang telah Anda lakukan.
Hal ini akan membantu untuk mempertahankan berat Anda agar tidak naik kembali. Maka dari itu, pastikan agar Anda bisa terus berolahraga serta menghindari makanan yang tidak sehat. Bagaimanapun juga, cara mengecilkan lingkar perut yang kami berikan di atas menuntut sebuah konsistensi dan komitmen dari Anda.

Related Posts

0 comments: