Peluang Bisnis menggiurkan melalui Budidaya Ikan Lele

shares

Usaha dibidang perikanan merupakan salah satu bidang usaha yang tidak ada mati nya. Apalagi untuk negara agraris seperti indonesia. Apabila ditekuni, peluang sukses di bisnis ini begitu besar. Salah satu yang sedang naik daun sekarang adalah beternak Ikan lele. Budi daya ikan lele adalah salah satu usaha yang menggiurkan, jika sudah berjalan dengan baik usaha ini bisa menghasilkan omset yang besar. Dari segi pemeliharaan, ikan lele termasuk ikan budidaya yang tidak terlalu sulit dan tidak memakan banyak biaya. Bahkan jika berhasil, keuntungan yang bisa anda dapatkan bisa berkali lipat.



Usaha budidaya ikan lele merupakan usaha yang mudah dijalankan, maka saya ingin membudidayakan ikan lele di rumah. Agar dapat mengawasi perkembangan ikan dengan baik. Harga ikan yang relative stabil membuat saya berkeinginan untuk mendapatkan keuntungan dari usaha peternakan ikan tersebut.

Untuk membudidayakan ikan lele, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah masalah lahan budidaya. Untuk lokasi sebaiknya anda memilih tempat yang sejuk dan tidak kering/panas. Hal ini disebabkankarena Ikan lele cenderung tidak tahan cuacas panas. Pada kondisi cuaca panas, lele cenderung mudah terkena serangan penyakit dan mati.


Mengapa memilih budidaya ikan lele? Berikut adalah beberapa pertimbangannya:

  • Peluang usaha yang tidak pernah mati adalah usaha perikanan. Sebab setiap hari masyarakat membutuhkan ikan untuk dikonsumsi semakin meningkat.
  • Usia pembudidayaan ikan lele yang relatif singkat, membuat ikan ini jadi favorit untuk di ternakkan. Mulai dari pembeibitan,pembesaran sampai tahap panen kurang lebih hanya memakan waktu 3 bulan
  • Budibaya ikan lele tidak terlalu memerlukan tenaga yang besar. Dengan kondisi ini, akan lebih optimal dalam segi penggunaan tenaga dan waktu.
  • Pemasaran hasil panen ikan lele tidak terlalu sulit. Tidak seperti ikan yang lainya, banyak nya warung makan yang memiliki menu utama pecel lele, memmudahkan anda dalam memasarkan ikan hasil panen
  • Bagi anda yang tak memiliki lahan yang cukup anda bisa membudidayakan ikan lele dengan menggunakan kolam dari terpal


Jenis kolam yang umum dipergunakan dalam budidaya ikan lele antara lain:

  • Kolam penyimpanan induk ( berfungsi untuk menyimpan induk dalam mempersiapkan kematangan telur), 
  • Kolam pemijahan, 
  • Kolam pemeliharaan benih/pendederan, 
  • Kolam pembesaran, 
  • Kolam pemberokan (tempat pembersihan ikan sebelum dipasarkan).


Related Posts

0 comments: