Cara Menghitung Berat Badan Ideal

shares

Perlu diluruskan terlebih dahulu pemikiran kita bahwa Langsing dan Kurus adalah 2 hal yang berbeda. Langsing identik dengan proporsional ukuran tubuh anda.  Sedangkan kurus identik dengan kondisi yang tidak sehat. Dengan tubuh yang langsing, anda merasa nyaman dengan tubuh anda. Langsing terkadang mengarah pada konotasi memiliki berat badan  ideal.

Tubuh dapat dikatakan memiliki berat badan ideal jika penumpukan lemak tubuh dibawah 10% dari berat badan normal. Sedangkan kegemukan dapat diartikan sebagai berat badan tidak ideal atau berlebihan berdasarkan perhitungan berat badan ideal.

Berikut adalah perhitungan/rumus Berat Badan Ideal:
Berat Badan Ideal = (Tinggi badan - 100) - 10%(tinggi badan - 100)

Cobalah untuk menghitung Berat Badan anda, anda akan mengetahui apakah mengalami kegemukan, atau ideal.

Kegemukan terdiri atas 2 jenis, yaitu:

  • Obesitas: Penumpukan jaringan lemak dalam tubuh yang tidak normal, dengan batasan diatas 30% dari berat badan normal.
  • Overweight: Penumpukan jaringan lemak tubuh yang tidak normal, dengan batasan diantara 20-30% dari berat badan normal


Obesitas maupun overweight tentunya sama-sama tidak baik, dan harus dihindari oleh setiap orang. Kegemukan banyak sekali kerugian nya. Terutama  akan menimbulkan banyak masalah, diantaranya Darah tinggi, resiko serangan jantung, dan lain-lain.

Oleh karena itu, jagalah selalu berat badan anda. Dengan memiliki berat badan berlebih akan menjadi  siksaan tersendiri bagi pemiliknya. Kontrol gaya hidup  terutama berhubungan dengan konsumsi makanan. Konsumsi makanan harus diimbangi dengan aktivitas tubuh.

Related Posts

0 comments: