Cara Mendapatkan Postur Tubuh yang Ideal

shares

Memiliki tubuh yang ideal tentu menjadi impian setiap orang, apalagi untuk para wanita. Dimulai dari bagaimana Anda memperlakukan tubuh, baik itu saat tidur, duduk, berdiri, atau berjalan harus dilakukan secara benar agar postur yang ideal bisa didapatkan.
Banyak wanita yang rela untuk melakukan segala hal hingga yang terekstrim sekalipun supaya postur tubuhnya seperti yang diinginkan. Bahkan mereka siap untuk menyakiti dirinya sendiri agar standarisasi yang sudah dibuat bisa terpenuhi.

Namun tahukan Anda bahwa cara mendapatkan postur tubuh yang ideal bisa dilakukan dengan metode yang sehat dan alami? Hal ini tentu saja akan menghindarkan Anda dari segala resiko dan kemungkinan terburuk.

Merubah Gaya Hidup

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa gaya hidup merupakan sumber utama dari munculnya sejumlah masalah di dalam tubuh, termasuk mempengaruhi postur tubuh. Kebiasaan menggunakan high heels, tulang belakang yang melengkung, hingga sesak napas akibat polusi bisa berdampak terhadap postur tubuh.
Nah, untuk bisa mendapatkan postur yang ideal, maka mulailah dengan mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat. Anda bisa melakukannya dengan memperlakukan tubuh secara sehat dan benar, sehingga otot-otot tubuh ikut menjadi rileks.

Memperlakukan Tubuh

Mulai dari sekarang, perlakukanlah tubuh Anda secara benar. Misalnya, jangan membungkukkan tubuh saat berjalan atau berdiri. Usahakan agar tubuh Anda bisa dalam posisi yang tegap. Mungkin hal ini akan sulit, namun nantinya Anda akan terbiasa.
Berenang
Olahraga renang terbukti secara efektif bisa membantu untuk membentuk postur tubuh seseorang. Selain itu, renang juga bisa membantu mereka yang memiliki masalah sesak napas atau penyakit asma. Untuk itu, biasakanlah melakukan olahraga renang jika Anda memang menginginkan tubuh yang ideal.

Posisi Tidur

Postur tubuh sangat dipengaruhi oleh posisi tidur kita. Selain itu, kenyamanan dari tempat tidur juga patut untuk diperhatikan. Saat posisi tidur kurang tepat ditambah dengan tempat tidur yang tidak nyaman, maka tubuh cenderung mudah untuk mengalami perubahan bentuk. Sebaiknya aturlah posisi tidur Anda secara terlentang sehingga masalah pada leher dan punggung bisa dihindari.

Yoga

Cara mendapatkan postur tubuh yang ideal selanjutnya adalah dengan mengikuti kelas yoga. Ini merupakan metode yang bisa membantu untuk meregangkan dan merilekskan otot, otak, dan seluruh bagian tubuh Anda. Dengan melakukan yoga, tulang dan otot Anda yang kaku bisa menjadi lebih lemas sehingga berdampak baik pada bentuk tubuh.

Makanan Sehat

Konsumsi makanan juga sangat berpengaruh terhadap bentuk tubuh seseorang. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang sehat seperti menu makan yang seimbang mulai dari nasi, lauk, sayur, buah, dan juga susu. Menu makanan yang sehat seperti inilah yang nantinya akan berpengaruh terhadap pertumbuhan postur tubuh Anda.

Latihan Kardio, Beban, dan Peregangan

Latihan kardio seperti jogging, bersepeda, atau sprint bisa membantu untuk membakar lemak secara lebih optimal. Sementara latihan beban seperti push up atau sit up juga sangat baik dalam memaksimalkan pembakaran kalori.
Untuk latihan peregangan, Anda bisa mencoba pilates karena sangat efektif dalam meningkatkan fleksibilitas otot dan menurunkan tingkat stres. Selain itu, pilates juga bisa membantu untuk mencegah tulang keropos, menambah kesehatan sendi, serta memperbaiki postur tubuh. Kombinasi dari ketiga latihan ini akan semakin membentuk tubuh Anda menjadi lebih ideal.

***

Sekian cara mendapatkan postur tubuh yang ideal yang sekiranya bisa Anda terapkan sendiri karena tergolong mudah untuk dilakukan.

Related Posts

0 comments: