Sejarah Terciptanya Android OS

shares

Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi. Awalnya Perusahaan Raksasa Google membeli Android  dan kemudian mengembangkannya. Pada saat perilisan pertamanya pada tahun 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan open source pada perangkat mobile. Di lain pihak , Google merilis kode-kode Android dibawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan open platform perangkat seluler.


Didunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Service(GMS) dan kedua adalah yang benar-benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution(OHD)

Sekitar September 2007 Google menganalkan Nexus One, salah satu jenis smartphone yang menggunakan Android sebagai sistem Operasi. Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Erricson, Toshiba Corp dan Vodafone.

Pada masa ini kebanyakan vendor smartphone sudah memproduksi smartphone berbasis android hal ini karena android adalah sistem operasi yang open source sehingga bebas didistribusikan dan dipakai oleh vendor manapun. Tidak hanya menjadi sistem operasi di smartphone, saat ini android menjadi pesaing udatam dari Apple pada sistem operasi tablet PC. Pesatnya pertumbuhan Android selain faktor yang disebutkan diatas adalah karena Andorid itu sendiri adalah platform yang sangat lengkap baik itu sistem operasinya, aplikasi dan Tools pengembangan, market aplikasi android serta dukungan yang sangat tinggi dari komunitas Open Source dunia.

Related Posts

0 comments: