Lirik atau Nada, mana yang lebih dahulu

shares

menciptakan lagu
Terima kasih kepada para pengunjung blog ini yang respect terhadap salah satu posting saya tentang tips menciptakan lagu. Saya senang sekali bahwa posting saya tersebut bisa muncul di peringkat pertama google :D

Kadang menjadi pertanyaan dalam membuat lagu, mana yang harus didahulukan, apakah membuat lirik atau nada. Hal ini bahkan menjadi diskusi yang hangat di salah satu forum musik dunia yang saya lihat.
Saya berpendapat, hal ini janganlah terlalu di pikirkan atau dijadikan patokan. Membuat lagu adalah masalah hati. Disaat inpirasi datang, ciptakanlah apa yang bisa di ciptakan terlebih dahulu. Maksud saya, jika saat itu anda lebih bisa menemukan nada, ya buatlah nada terlebih dahulu.


Atau kalau saat itu lagi jiwa puitis anda sedang 'on fire' (hehehe), ya silahkan untuk menciptakan lirik. Dikarenakan dalam membuat lagu, hampir sebagian besar orang mengakui tidak langsung jadi pada saat itu juga, melainkan kebanyakan harus melewati beberapa hari bahkan berminggu-minggu sampai lagu tersebut jadi secara utuh(di luar aransemen yang ditentukan). Nah, dari situ lah, mengapa kita di anjurkan tidak terlalu berpatokan pada menciptakan lirik atau nada yang di dahulukan.

Saat ini sih saya sedang nyaman dengan menciptakan nada terlebih dahulu. kemudian saya rekam terlebih dahulu. Biarkan terlebih dahulu disimpan. Setelah beberapa hari kemudian saya dengarkan lagi dan saya timbang2 lagi layak atau tidak lagunya. Dan apabila kurang asik, buang saja. :D
my quote: Menciptakan lagu jauh lebih gampang daripada memasarkannya

Related Posts

0 comments: