Berkenalan dengan Mootools Framework

shares


Kebutuhan akan web yang bersifat dinamis dewasa ini sudah menjadi suatu keharusan. Web tanpa banyak efek menarik didalam nya membuat web tersebut sedikit membosankan. Untuk efek-efek yang sederhana seperti menambah highlight pada teks yang di klik bisa di lakukan menggunakan skrip PHP dan CSS.
Untuk animasi dan efek tingkat lanjut, para web developer memilih menggunakan animasi flash melalui software Adobe Flash. Namun dalam membangun website penuh efek menggunakan animasi flash terkadang menjadi pekerjaan yang memakan banyak waktu. Untuk membuat sebuah gerakan saja, diperlukan beberapa layer. Di sisi performance, website yang ber-flatform animasi flash memerlukan waktu loading yang lebih lama. Hal ini akan terasa membosankan bagi sebagian pengunjung yang menginginkan kecepatan transfer data tanpa menyampingkan design website yang dinamis. Selain itu animasi Flash kurang diminati oleh Serarch Engine.

Dewasa ini kita mengenal Javascript dalam memabangun aplikasi web. Dengan menggunakan Javascript, web developer bisa membangun website dinamis dan interaktif yang semakin menurunkan popularitas flash dalam pembuatan website interaktif. Kemampuan Javascript dalam pembuatan animasi, drag and drop, dan konsep User interface lainnya semakin menjadi tren di kalangan web designer terlebih dengan dikembangkannya Javascript Framework.
Konsep utama dari Javascript framework adalah meng-abstrakan semua kode yang ditulis dari mesin yang mengeksekusinya. Contoh Javascript framework diantaranya Dojo, Yahoo! User Interface, Prototype, jQuery, dan Mootools

Mootools merupakan framework javascript yang didesain untuk mempermudah para programmer javascript tingkat menengah hingga mahir dalam mengembangkan program javascript yang kompleks.
Mootools memiliki banyak extension yang tidak hanya digunakan untuk mengubah elemen properti, tetapi juga memiliki properti 'morph' atau 'tween' yang membuatnya mampu menciptakan banyak efek animasi
Untuk mendownload mootools framework, silahkan kunjungi situs ini.
Atau jika anda ingin melihat-lihat demo dan cara kerja dari mootools, bisa cek disini

Related Posts

0 comments: